Dilihat : 269 kali

ARAH BAIK - Hampir semua daerah di Indonesia tidak terbebas dari tindak pidana korupsi, mayoritas daerah di Indonesia pernah bermasalah dalam hal korupsi.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron.

Berdasarkan data yang dikantongi Ghufron, 27 dari 34 provinsi di Indonesia pernah bermasalah sejak 2004 hingga 2021.

Sebanyak 27 provinsi tersebut bermasalah karena pejabat daerahnya terjerat kasus tindak pidana korupsi.

“Per tahun 2021, hampir dari 34 provinsi yang bermasalah 27 provinsi, bisa Anda bayangkan sendiri,” ucap Ghufron saat menjadi pembicara dalam acara Webinar Partai Perindo yang bertema Tantangan Pemberantasan Korupsi  di Indonesia 2022, Jum’at 21 Maret 2022.

Tidak hanya tingkat provinsi, korupsi sudah menjalar hingga tingkat kabupaten.

"Di tingkat kabupaten, ada sekitar 160 (kabupaten) udah sekarang. Semula 155 di 2021, kemudian di 2022 ini bertambah lagi, artinya sudah hampir mencapai 160," kata Nurul.

"Gambaran ini, hampir tidak ada kemudian menyisakan daerah barat dan timur yang bebas korupsi," sambungnya.

Bukan hanya tingkat daerah saja yang bermasalah dalam hal ini, hampir semua partai politik di Indonesia tidak ada yang bersih dari korupsi.

“Hampir tidak ada parpol yang bersih, semua parpol ada titik nodanya .” tutur Nurul.

Korupsi sudah menjalar hingga beberapa tingkat di Indonesia. Permasalahan ini merupakan tanggung jawaab bersama, semua piahk hendaknya turut andil dalam mencegah dan  memberantas korupsi.

"Masalah ini adalah masalah bersama, bukan masalah satu parpol, bukan masalah satu daerah, maupun satu kementerian, tidak ada," tutup Nurul. ***


Miris Hampir Semua Daerah Di Indonesia Tak Terbebas Dari Korupsi