Dilihat : 55 kali

ARAH BAIK Rusia mengeluarkan pernyataan bahwa telah menggunakan senjata rudal hipersonik Kinzhal untuk menghacurkan gudang bawah tanah milik Ukraina di wilayah Ivano-Frankivsk, Sabtu, 19 Maret 2022.

Kantor berita Rusia Interfax mengabarkan pertama kalinya pasukan Moskow mengerahkan senjata canggih Kinzhal sejak invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan gudang bawah tanah yang dihantam Kinzhal menyimpan rudal dan amunisi pesawat.

Presiden Vladimir Putin pada Desember lalu mengatakan, Rusia pemimpin global rudal hipersonik yang kecepatan, kemampuan manuver dan ketinggiannya sulit dilacak dan dicegat.

Lalu apa sih Senjata Rudal Hipersonik Kinzhal ?

Hipersonik adalah senjata yang memiliki lima kali lebih dari kecepatan suara (Mach).

Belakangan ini, badan militer beberapa negara mengembangkan senjata hipersonik, salah satunya Rusia.

Dilansir dari Al Jazeera, Putin mengatakan rudal hipersonik Kinzhal merupakan senjata ideal yang terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara.

Rudal itu dianggap mampu mengatasi sistem pertahanan udara. Putin mengklaim senjatanya bisa menjangkau hampir semua lokasi di dunia.

Senjata hipersonik juga dianggap mampu menghindari perisai rudal buatan Amerika Serikat.

Rudal Hipersonik bisa disebut dengan peluru kendali balistik tak terhentikan sebab mampu membawa hulu ledak nuklir yang diyakini tak terdeteksi sistem pertahanan udara Barat.

Melansir dari Live Science, rudal Kinzhal mampu membawa muatan sekitar 480 kilogram, daya ledak yang tinggi. Akselerasi rudal hipersonik Kinzhal melebihi empat kali kecepatan suara atau sekitar 5.000 kilometer per jam setelah diluncurkan.

Menurut pakar militer, kecepatan dan penetrasi rudal Kinzhal sangat mengancam.

“Pada dasarnya, itu tidak mengubah medan perang. Tapi tentu saja memiliki efek propaganda psikologis, untuk menakut-nakuti semua orang,” kata analis militer Pavel Felgenhauer.

Putin mengklaim Rusia sebagai negara nomor satu di dunia dalam hal peningkatan kemampuan senjata. ***


Senjata Baru Rusia Rudal Hipersonik Kinzhal Hampir Seluruh Dunia Dalam Jangkauan