Dilihat : 201 kali

ARAH BAIK – Pemerintah akhirnya mulai hari ini Selasa, 8 Maret 2022 mencabut peraturan soal persyaratan Tes Antigen atau PCR sebelum melakukan perjalanan.

Pelaku perjalanan domestik atau dalam negeri kini tak perlu menunjukkan hasil negatif Tes Antigen atau PCR.

Hanya cukup menunjukkan bukti sudah vaksin dosis kedua melalui aplikasi Peduli Lindungi, pelaku perjalanan dapat naik kereta hingga pesawat.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 tentang Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Surat Edaran itu berlaku efektif mulai 8 Maret 2022 hingga waktu yang akan ditentukan kemudian sesuai dengan kondisi terakhir di lapangan.

“Pelaku perjalanan dalam negeri yang telah mendapakan vaksinasi dosis kedua atau dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid test Antigen,” bunyi Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19.

Bagi pelaku perjalanan yang masih melakukan vaksinasi dosis pertama wajib melakukan Tes Antigen atau PCR sebelum melakukan perjalanan.

Sementara yang tidak bisa divaksinasi, wajib melampirkan Surat Keterangan Dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.

Sedangkan, pelaku perjalanan usia di bawah 6 tahun cukup dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin, 7 Maret 2022 mengatakan masyarakat tak perlu lagi menunjukkan bukti Tes Antigen atau PCR.

“Dalam rangka transisi menuju aktivitas normal hari ini, pemerintah akan memberlakukan berbagai kebijakan,” katanya secara daring.

Luhut meyampaikan bukti Tes Antigen atau PCR dihapus bagi masyarakat yang akan menggunakan pesawat terbang.

Tak hanya pesawat terbang, moda transportasi darat maupun laut juga tidak perlu lagi Tes Antigen atau PCR.

“Pelaku perjalanan dengan transportasi udara, laut maupun darat yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dan lengkap sudah tidak perlu menunjukkan bukti Tes Antigen maupun PCR negatif,” ujar Luhut.***


Kabar Gembira Cukup Vaksin Dosis 2 Kini Naik Kereta Hingga Pesawat Tak Perlu Tes Antigen Atau Pcr