Dilihat : 46 kali

ARAH BAIK - Nur Maruffin, ST. atau biasa disapa Maruffin. Pria kelahiran Semarang, 4 Juni 1972 merupakan Alste SMAN 3 Semarang Angkatan 91, kemudian ia melanjutkan pendidikan Sarjana Teknik Kimia di Universitas Diponegoro. Selama menempuh pendidikan Sarjana Maruffin menjadi seorang aktivis kampus dengan jabatan Sekretaris Umum Fakultas Teknik dan tercatat sebagai pengurus di Senat Mahasiswa Universitas Diponegoro.

Selepas menyelesaikan pendidikannya di Universitas Diponegoro, Maruffin mulai berkarya dengan menjadi karyawan di perusahaan PMDN yang memproduksi produk benang dari bahan kimia. Namun, jiwa wirausaha yang dibentuk sejak menjadi mahasiswa membuat dirinya tidak nyaman dengan rutinitas kerja di dunia industri sehingga hanya bertahan kurang dari satu tahun.

Awal langkah besar menjadi seorang entrepreneur dimulai dari kerjasama dengan teman SMA-nya yakni membuat bisnis Export Meubel di tahun 1998. Jiwa wirausaha tersalurkan untuk memanfaatkan peluang Ekspor Meubel ke luar negeri. Beberapa Pameran Furniture tingkat internasional dia ikuti untuk promosi dengan tujuan meningkatkan pangsa pasar. Singapura adalah negeri jiran pertama yang ia kunjungi, tahun berikutnya melebarkan debut usahanya dengan mengikuti Pameran di Jerman tepatnya di Koln, yaitu SPOGA Koln, Sport and Garden Exhibition. Saat pameran di Koln inilah jaringan untuk pemasaran luar negeri terbentuk, tetapi sayang selama empat tahun bisnis ini dijalani ternyata harus ditutup dengan persaingan bahan baku yang tidak bisa mengejar harga secara internasional.

Setelah bisnis meubel tutup, Maruffin beralih masuk tim advertising di perusahaan yang sudah jalan, disinilah Maruffin mulai belajar hal baru di dunia periklanan Outdoor Advertising sampai menjadi tim Event Organizer untuk sebuah promosi. Selama bergabung di perusahan advertisng , jiwa wirausahanya terstimulasi lagi dengan mempelajari Portal Pengadaan pemerintah melalui LPSE, dengan mengikuti tender pemerintah untuk hal advertising. Dua paket langsung dapat dimenangkan dalam tender tersebut sehingga membuat dirinya semakin percaya diri untuk membangun Barokah Utama Group yang fokus di Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah mulai tahun 2013 sampai dengan sekarang.

Kerja keras, telaten dan ketekunan dalam membangun usaha hingga yang sekarang menjadi seorang pengusaha pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui Portal Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) secara nasional. Ia bersama timnya yang berjumlah delapan orang telah terbukti memenangkan banyak tender pemerintah dari jalur lelang murni melalui Portal LPSE. Tender-tender yang berhasil mereka menangkan dengan cara tender cepat maupun tender sederhana secara fight yang kuncinya spesifikasi sesuai jadwal pekerjaan tepat waktu dan harga kompetitif.

Beberapa pengadaan barang dan jasa yang telah dimenangkan berupa kendaraan dan alat berat dinas pemerintah daerah, peralatan dan seragam perguruan tinggi, ruang pendingin dinas kesehatan dan rumah sakit, bantuan sosial, pengadaan peserta diklat dan sebagainya.

Selain menjadi seorang pengusaha pengadaan barang dan jasa, Maruffin memiliki bentuk usaha lainnya yaitu, Pelatihan Digital Marketing, Ekspedisi Pengiriman Barang, Tour and Travel. Ia mengatakan dengan mempunyai banyak usaha akan mempunyai kekuatan dan ketahanan untuk menghadapi pandemi seperti saat ini.

Masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggal mengatakan Maruffin adalah seorang yang religius. Ia adalah seorang muslim yang taat beragama. Di sela kesibukan sehari-harinya mengurus usahanya, Maruffin tak lupa menunaikan shalat lima waktunya di tempat dimana dikumandangkan Adzan, karena ia beryakinan bahwa rezeki itu harus dicari keberkahannya bukan sekedar mengejar kuantitas. Amalan inilah yang membangun karakter disiplin, jujur, amanah dan pekerja keras. Para klien yang menggunakan jasanya mengatakan Maruffin adalah orang yang melayani secara profesional, bisa dipercaya dan dapat diandalkan. Ia memiliki keberanian dalam menerima tantangan dan seorang dengan perhitungan yang tepat.

Sisi lain kehidupan sebagai pengusaha, Maruffin adalah seorang yang aktif di partai politik sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Kaderisasi DPD Partai Gelora Indonesia Kota Semarang. Dari sinilah cikal bakal terbentuknya relawan Sobat Maruffin.

"Kita pengen peduli sebagai anak bangsa, kita pengen peduli terhadap kepentingan bangsa dan negara, hari ini mungkin kita sibuk dengan urusan bisnis kita, keluarga kita atau dengan kenyamanan kita. Tapi kita ingin bahwa disamping kita memenuhi kebutuhan kita dalam arti bisnis, kenyamanan kita, tetapi kita juga perlu meluangkan waktu bagaimana sebagai anak bangsa peduli, supaya Indonesia ini semakin membaik karena kami merasa bahwa hanya dengan melalui kendaraan partai politik bahwa aspirasi, pemikiran, dedikasi, konsep itu bisa diakomodir. Kalau kita hanya dengan  jalur pribadi dan sebagainya sepertinya sulit untuk mengakomodir, sehingga sulit mewujudkan keingianan dan aspirasi kita terhadap kemajuan bangsa dan negara kita," jelasnya.

Menyikapi era digital saat ini ia bercita cita besar untuk merubah cara penjualan UMKM yang masih offline menjadi online. Bertahap dan pasti Maruffin mempunyai misi menjadikan Semarang sebagai Kota Digital dengan menaungi para pelaku UMKM untuk merubah cara berjualan untuk meningkatkan pangsa pasar mereka. Istilah yang Ia selalu sampaikan narasi Arah Baru Kota Semarang.Kita akan tunggu apa action nyata nya untuk mewujudkan Semarang Kota Digital.

Terlebih Maruffin memiliki visi untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Salah satunya sebelum Februari 2024, Barokah Utama Group lewat relawan Sobat Maruffin akan memberikan pembuktian dengan mengentaskan pengangguran minimal 1.000 orang di Kota Semarang.***


Mengenal Nur Maruffin Kiprah Pengusaha Yang Bergabung Di Partai Gelora