Dilihat : 257 kali

ARAH BAIK - Kelompok keahlian Aljabar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (ITB) merancang sebuah Games Super Aritmatika yang bertujuan memudahkan siswa dalam belajar matematika.

Games ini merupakan hasil kolaborasi dengan Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

Dikutip dari situs resmi ITB pada Senin 21 Maret 2022, pembaruan ini dibuat karena adanya penurunan siswa dalam memahami mata pelajaran matematika ketika pandemi apalagi daring menjadikan siswa kurang memahami materi yang diajarkan.

Faktor yang menyebabkan siswa kurang mendalami ilmu matematika, yaitu materi pembelajaran kurang menarik, keterbatasan waktu dan jangkauan guru.

Oleh karena itu, games itu dibuat untuk menarik siswa agar belajar matematika.

Games Super Aritmatika ini akan dipublikasika pada Desember 2022 yang dapat di unduh secara gratis di smartphone.

Games berbasis Android ini berisi materi perkalian dengan metode penjumlahan berulang.

Games ini diharapkan dapat memudahkan siswa dalam memahami materi matematika.

Selain itu, pembaruan ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari ITB untuk bangsa ini.

Games Super Aritmatika ini menyajikan persoalan secara tematik dengan tema petualangan mengelilingi tata surya.  

Permainan diawali dengan penyelematan planet-planet dari sergapan alien dengan menyelesaikan persoalan matematika yang ada pada setiap planet.

Setiap planet memiliki tingkat kesulitan yang berbeda beda, planet merkurius berisi persoalan matematika perkalian satu dan dua hingga planet neptunus berisi persoalan matematika campuran 1 sampai 10 dengan dibatasi waktu.

Games super Aritmatika versi beta telah diperkenalkan dan diuji coba pada beberapa siswa sekolah dasar, seperti di kampung Areng dan Lembang melalui komunikasi daring yang berisi paduan untuk mendownload permainan.

Permainan ini mendapatkan respon positif dari pengguna. Hal tersebut ditunjukan dengan tingkat antusias siswa yang berhasil menyelesaikan persoalan matematika dalam waktu yang relatif singkat. ***


Games Super Aritmatika Buatan Itb Ini Mudahkan Siswa Belajar Matematika