Dilihat : 159 kali

ARAH BAIK – Rusia menembakkan rudal hipersonik kedua yang djuluki Sizzler oleh NATO pada Minggu, 20 Maret 2022 ke Ukraina.

Sebelumnya militer Rusia pada Sabtu, 19 Maret 2022 menembakkan rudal hipersonik Kinzhal yang menghancurkan gudang amunisi bawah tanah di Delyatyn, Ivano-Frankivsk Oblast.

Rudal hipersonik Sizzler lebih mematikan dengan lima kali kecepatan suara yang diluncurkan dari kapal di Laut Hitam lepas pantai Krimea.

Rudal tersebut menghantam sebuah situs di Kota Nizhyn di negara bagian Chernihiv, 116 mil timur laut Kyiv.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov mengatakan situs di Kota Nizhyn menjadi tempat perbaikan kendaraan militer Ukraina.

“Lokakarya di pabrik perbaikan Nizhyn yang digunakan untuk perbaikan kendaraan lapis baja Ukraina yang rusak dalam operasi tempur dihancurkan dengan rudal jelajah Kalibr berbasis laut yang diluncurkan dari perairan Laut Hitam,” katanya, dikutip dari Daily Star, Minggu 20 Maret 2022.

Konashenkov menambahkan bahwa rudal Kalibr yang diluncurkan dari Laut Kaspia dan rudal hipersonik Kinzhal dari wilayah udara di atas Krimea juga telah menghancurkan pangkalan penting Ukraina yang digunakan untuk menyimpan bahan bakar dan pelumas di dekat Kostayantynivka, Mykolaiv di Ukraina Selatan.

Sebelumnya Rusia telah memperkenalkan berbagai rudal hipersoniknya yang mematikan.

Kremlin mengatakan rudal mematikan itu membawa hulu ledak nuklir yang tak terbendung.

Putin pada sebuah forum energi di Moskow tahun lalu mengatakan bahwa rudal antar benua miliknya dapat melakukan perjalanan lima kali lebih cepat daripada yang dikembangkan oleh AS.

“Rudal dengan kecepatan Mach 3 atau lebih sedang dikembangkan di AS. Rudal kami terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 20,” kata Putin.

Disebut rudal hipersonik sebab memiliki kecepatan lebih dari Mach 5 yang berarti lima kali lebih cepat dari kecepatan suara.***


Rusia Tembakkan Rudal Hipersonik Kedua Sizzler Ke Ukraina