Dilihat : 125 kali

ARAH BAIK – Pernahkah Anda terbesit rasa ingin tahu soal mengapa negara kita dinamai Indonesia? Bagaimana mulanya bisa muncul kata Indonesia?

Dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani, yaitu indo dan nesos.

Kata indo artinya Hindia, sedangkan nesos berarti Kepulauan. Nesos mirip dengan kata nusa yang berarti pulau atau kepulauan dalam bahasa Melayu Austronesia.

Dengan demikian, Indonesia artinya Kepulauan Hindia.

Sementara itu, orang yang pertama kali menyebut kata Indonesia adalah etnolog berkebangsaan Inggris, George Samuel Earl.

Earl menyebut Indonesia untuk nama gugusan pulau di Lautan Hindia.

Meski begitu, para ilmuwan Eropa lebih sering menyebutnya dengan Melayunesia.

Dalam Journal of The Indian Archipelago and Eastern Asia, karya Richardson Logan (1850) yang merupakan pengacara dan penyunting majalah berkebangsaan Inggris menyebut gugusan pulau di Lautan Hindia dengan Indonesia.

Etnolog berkebangsaan Jerman, Adolf Bastian, menggunakan kata Indonesia dalam bukunya Indonesien Order die Inseln des Malaysichen Archipel pada tahun 1884, untuk menamai pulau yang bertebaran di Lautan Hindia.

Sekarang, kata Indonesia dipakai sebagai nama negara di kawasan Asia Tenggara dengan penduduk lebih dari 271 juta jiwa yang tersebar di 37 provinsi.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah 17 ribu pulau yang disepakati pada 2021.

Terdapat lima pulau besar di Indonesia yaitu Kalimantan, Papua, Sulawesi, Sumatera, dan Jawa.

Indonesia terletak pada titik 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat Bujur Timur - 141 derajat Bujur Timur.

Indonesia terletak di antara dua benua, Asia dan Australia serta di antara dua samudera, Pasifik dan Hindia.***


Asalusul Nama Indonesia Orang Ini Jadi Yang Pertama Mengucapkannya