Dilihat : 96 kali

ARAH BAIK – Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dinyatakan bebas berkat pembebasan bersyarat pada hari ini Rabu, 20 Juli 2022.

Ia bisa menghirup udara segar lagi setelah mendekam di penjara sejak 12 Desember 2020.

“Bahwa yang bersangkutan mendapatkan Pembebasan Bersyarat pada 20 Juli 2022,” kata Koordinator Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti.

Rika menuturkan bahwa Habib Rizieq Shihab telah memenuhi syarat administrative dan substantive untuk mendapatkan hak remisi dan integrasi.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomo 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomo 117).

Meski telah menghirup udara segar, tidak menutup kemungkinan Habib Rizieq Shihab bisa kembali dipenjara.

Direktur Jenderal atas nama Menteri dapat mencabut keputusan pemberian Pembebasan Bersyarat ini jika terpidana yang dibebaskan, termasuk Habib Rizieq Shihab melakukan tindak kejahatan lainnya.

Hal itu tercantum dalam Pasal 139 Permenkumham Nomor 7 Tahun 2022 yang berbunyi :

“Pencabutan Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 138 dilakukan berdasarkan:

a. Syarat umum, melakukan pelanggaran hukum dan ditetapkan sebagai tersangka/terdakwa yang diikuti penahanan di rumah tahanan negara atau terpidana; dan/atau

b. Syarat khusus, yang terdiri atas:

  1. Menimbulkan keresahan dalam masyarakat,
  2. Tidak melaksanakan kewajiban melapor kepada Bapas yang membimbing paling banyak 3 (tiga) kali berturut-turut,
  3. Tidak melaporkan perubahan alamat atau tempat tinggal kepada Bapas yang membimbing, dan/atau
  4. Tidak mengikuti atau mematuhi program pembimbingan yang ditetapkan oleh Bapas.”***


Habieb Rizieq Shihab Bebas Hari Ini Tapi Bisa Balik Penjara Jika Lakukan Hal Ini