Dilihat : 91 kali

ARAH BAIK – Google memberikan kabar di tengah ancaman oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebab tak kunjung mendaftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Sebagai salah satu PSE asing lingkup privat di Indonesia, Google menyebut akan mengikuti regulasi pendaftaran PSE tersebut yang berbasis One Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

Pernyataan dari Google tersebut disampaikan melalui perwakilannya pada Senin, 18 Juli 2022.

“Kami mengetahui keperluan mendaftar dari peraturan terakit, dan akan mengambil tindakan yang sesuai dengan upaya untuk mematuhi,” kata perwakilan Google, dikutip dari Antara Senin 18 Juli 2022.

Sebelumnya Kominfo telah meminta para penyelenggara sistem elektronik seperti, Google, Facebook dan Twitter yang beroperasi di Indonesia untuk segera melakukan pendaftaran PSE.

Aturan tersebut berlaku juga untuk PSE yang beroperasi di Indonesia baik yang domestik maupun asing.

Peraturan tentang pendaftaran PSE ini mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan juga Peraturan Pemerintah No. 10 Tahun 2021 atas Perubahan Peraturan Menteri Kominfo No. 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Batas akhir yang ditentukan oleh Kominfo untuk mendaftar PSE yakni tanggal 20 Juli besok.

Meta yang menaungi Facebook, Instagram, dan WhatsApp serta Twitter hingga kini belum ada respons terkait hal ini.

Mengingat Facebook, Instagram, dan WhatsApp memiliki jutaan pengguna di Indonesia, maka hal tersebut bisa semakin mengkhawatirkan.

Kominfo menyebutkan bahwa jika hingga tenggat waktu ditentukan masih belum melakukan pendaftaran, maka layanan PSE lingkup privat yang belum mendaftar akan dihentikan sementara.

Pemberhentian itu akan berlangsung hingga syarat-syarat yang diperlukan dapat terpenuhi.

Sampai hari ini, Senin 18 Juli 2022 sudah ada 5.839 PSE domestik yang telah mendaftar di laman pse.kominfo.go.id. Sedangkan PSE asing jumlahnya sementara yaitu 87.

Dibandingkan dengan bulan Juni, jumlah di atas mengalami peningkatan, Sebelumnya, jumlah PSE domestik yang terdaftar yaitu 4.472 dan PSE asing yaitu 68.***


Siap Patuhi Peraturan Pse Kominfo Google Tak Jadi Diblokir Di Indonesia