Dilihat : 106 kali

ARAH BAIK – Biasanya seseorang usai gajian dibelanjakan untuk sesuatu yang tidak perlu yang menyebabkan uang cepat habis.

Barangkali uang gajian Anda habis hanya untuk untuk membeli barang atau langganan layanan streaming yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Jika memang habis untuk kebiasaan tersebut, sepertinya Anda harus belajar bijak mengatur atau menggunakan uang.

Berikut ini empat cara orang cerdas menggunakan uang dikutip dari Medium Data Driven Investor :

1. Upgrade Skill

Orang cerdas sering kali menyisihkan sebagian gaji yang didapatnya untuk mengikuti kursus, workshop, atau kegiatan lain yang sekiranya bisa menambah skill mereka.

Apalagi hidup di zaman serbah canggih seperti sekarang ini membuat kita mau tidak mau harus sering upgrade skill, sebab jika tidak, Anda akan ketinggalan dari yang lain.

Lagipula, tidak ada ruginya menyisihkan sebagian gaji untuk upgrade skill. Jika skill bertambah, peluang untuk dapat promosi di kantor atau dapat pekerjaan yang lebih baik jadi lebih besar.

2. Membeli Pengalaman

Orang cerdas juga menggunakan uangnya untuk membeli pengalaman daripada membeli barang-barang mewah. Misalnya, liburan ke luar negeri, ikut booth camp, dan sebagainya.

Namun, bukan berarti mereka akan langsung peril liburan kapanpun mereka mau. Biasanya, orang-orang cerdas ini sudah menyiapkan budget khusus untuk liburan. Jadi tidak mengganggu uang di tabungan.

3. Menabung dan Investasi

Begitu mendapatkan uang, orang-orang cerdas dalam mengatur keuangan akan langsung menyisihkan uangnya ke pos-pos yang sudah mereka buat. Salah satunya adalah tabungan dan investasi.

Selain menabung, mereka juga menyisihkan sebagian uangnya untuk diinvestasikan ke beberapa produk investasi. Cara ini mungkin bisa Anda contoh dari kebiasaan orang cerdas.

Namun, pastikan kamu memilih dan memahami produk investasi yang akan Anda gunakan untuk menyimpan uang.

Jika masih pemula dalam dunia investasi, cobalah produk-produk investasi berisiko rendah, seperti reksadana pasar uang untuk belajar dahulu.

4. Simpan untuk Dana Darurat

Mempunyai tabungan untuk dana darurat sangat penting yang bisa Anda gunakan untuk hal-hal mendesak yang mungkin terjadi di masa depan.

Dengan adanya dana darurat ini juga akan membuat tabunganmu aman sebab Anda tidak perlu menarik uang dari tabungan hanya untuk mendani keperluan mendesak.

Itulah cara orang cerdas menggunakan uangnya yang bisa Anda contoh. Jangan lupa sisihkan sebagian gaji untuk sedekah. Semoga bermanfaat!


Orang Cerdas Pakai Uangnya Untuk 4 Hal Ini Bukan Yang Lain