Dilihat : 97 kali

ARAH BAIK – Tidak terasa Idul Adha sudah di depan mata. Momen Idul Adha seperti ini biasayanya dipenuhi dengan acara masak-masak bersama keluarga maupun teman dekat.

Akan tetapi mengolah daging kurban bisa menjadi masalah. Dikarenakan bau amis pada daging kurban sulit dihilangkan. Tetapi, jangan khawatir semua itu bisa diatasi dengan penggunaan rempah-rempah dan bumbu dapur lainnya.

Juru masak Amuz Gourmet Restaurant, Stefu Santoso, merekomendasikan teknik blanching agar daging kambing empuk dan tidak berbau. Berikut caranya:

  1. Beri garam pada daging sebelum diolah
  2. Rebus air, boleh diberi campuran jahe dan cengkeh
  3. Masukkan daging saat air mendidih
  4. Tunggu hingga air kembali mendidih
  5. Angkat daging, lalu cuci dengan air
  6. Ulangi cara ini dua hingga tiga kali

Kemudian, air rebusan daging tadi bisa dibuang. Jadi, untuk rebusan daging kedua dan ketiga kalinya bisa menggunakan air yang baru. Cara ini dapat digunakan untuk mengeliminasi bau amis pada daging.

Selain menggunakan jahe dan cengkeh, teknik ini juga bisa menggunakan rempah lain, seperti daun salam dan potongan lengkuas. Sementara itu, tomat, cabai, dan paprika juga bisa membantu menghilangkan bau prengus daging, terutama daging kambing. 

Dilansir dari laman Guardian, pemilik restoran Little Lagos, Ade Adeninyi, daging kambing direbus dengan rebusan tomat, cabai, dan paprika bisa memiliki bau amis yang berkurang. Beberapa bumbu dapur lain, seperti bawang putih dan kunyit juga membantu menyamarkan bau amis daging kurban. 

Selain itu, bawang putih bisa membuat rasa masakan dari daging kurban terasa lebih sedap. Sedangkan kunyit juga membantu memberikan warna kuning. Tak heran sering digunakan pada masakan kari.***


Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Kurban