Dilihat : 90 kali

ARAH BAIK - Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) telah mengkonfirmasi kasus lokal pertama infeksi cacar monyet di Singapura, negara tetangga Indonesia.

Pasien tersebut adalah pria berkebangsaan Malaysia yang berusia 45 tahun yang tinggal di Singapura. MOH mengatakan pria itu dinyatakan positif cacar monyet pada Rabu 6 Juli 2022.

"Ia saat ini dirawat di National Center for Infectious Diseases (NCID) dan kondisinya stabil," kata Depkes dalam sebuah pernyataan media, Rabu 6 Juli 2022.

Awalnya pada 30 Juni pria tersebut pertama kali mengalami lesi kulit perut pada bagian bawah, kemudian pada 2 Juli pria tersebut mengalami kelelahan dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Ia mengalami demam dan sakit tenggorokan pada 4 Juli dan mencari perhatian medis di mana tes awal untuk kemungkinan kondisi medis lainnya dilakukan.

"Ketika tes ini kembali negatif, dia kemudian dibawa ke NCID pada 6 Juli, di mana dia diisolasi untuk penilaian lebih lanjut," kata Kementerian tersebut dikutip dari CNA.

Sekarang ini, tiga kontak dekat yang terdiri dari dua teman serumahnya dan satu kontak sosial sudah diidentifikasi.

Semua kontak dekat akan ditempatkan dikarantina selama 21 hari sejak kontak terakhir mereka dengan kasus tersebut.

Monkeypox adalah penyakit virus yang disebabkan oleh infeksi virus cacar monyet.Ini biasanya merupakan penyakit yang membatasi diri di mana pasien pulih dalam dua hingga empat minggu.

"Sebagian kecil dari mereka yang terinfeksi dapat jatuh sakit parah atau bahkan meninggal. Mereka yang sangat rentan terhadap komplikasi adalah anak-anak, wanita hamil atau individu dengan gangguan kekebalan," kata kementerian itu.***


Singapura Konfirmasi Kasus Lokal Pertama Cacar Monyet