Dilihat : 72 kali

ARAH BAIK - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan sedang berusaha untuk menurunkan harga minyak goreng curah di Indonesia. Termasuk meluncurkan minyak goreng kemasan sederhana, MinyaKita.

Untuk saat ini, harga minyak goreng curah seharga Rp14.000 per liternya untuk wilayah Jawa-Bali, namun diluar wilayah itu masih sering ditemukan harga diatasnya.

“Kami melihat antusias memasyarakat, pedagang UMKM, termasuk ibu-ibu, yang datang untuk membeli MinyaKita. MinyaKita menjadi inovasi agar distribusi minyak goreng bisa lebih cepat dan merata. Membeli minyak goreng akan lebih mudah karena sudah dikemas, bisa didistribusikan ke pasar mana pun. Terutama ke Indonesia bagian Timur, pengirimannya akan lebih mudah,” ungkap Zulkifli Hasan.

Demi menyelesaikan masalah minyak goreng, Ia mengaku sudah menelisik berbagai permasalahan yang ada di rantai pasok minyak goreng. Hasilnya, dia menemukan penyebab masalah yang muncul.

“Saya sudah 3 minggu menjabat (Mendag), sudah ketemu benang merahnya karena semua mau, pengusaha mau berbuat baik, jadi kita punya goal yang sama, tapi kemarin kok gak nggak ketemu,” katanya saat ini peluncuran MinyaKita, Rabu 6 Juli 2022.

Setelah penelusuran, ada satu aspek yang tidak berjalan dengan semestinya.

“Kita cari, ada instrumen yang nggak jalan, yaitu rantai distribusi sekarang udah dibenahi,” katanya.

Demi menyalurkan distribusi minyak goreng tersebut, maka perlu ada pihak-pihak yang bekerjasama, termasuk Pelaku Usaha Jasa Logistik dan Eceran (PUJLE).

“Warung Pangan yang jelas, ada penyalur dimana-mana sehingga bottleneck, sehingga Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, harga udah Rp 14.000 per liter,” katanya.

Zulkifli mengakui bahwa sebelum seluruh wilayah Indonesia mendapatkan harga sesuai ketentuan, hal itu disebabkan oleh biaya logistik yang mahal.

“Memang di Papua, Sulawesi, Tarakan Maluku ada yang Rp 20.000 kita cari cara Alhamdulillah udah ada, ini kemasan, dengan botol Rp 14.000 sudah bisa,” pungkasnya. ***


Minyakita Harga Rp14 Ribu Per Liter Siap Didistribusikan Di Pasar Jawabali