Dilihat : 101 kali

ARAH BAIK – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diterapkan di Jawa-Bali menyusul naiknya status PPKM di Jabodetabek menjadil level II.

Penerapan PPKM di Jawa-Bali akan dimulai sejak hari ini Selasa, 5 Juli hingga 1 Agustus 2022 melalui titah Inmendagri Nomor 33 tahu 2022.

Hal tersebut ditegaskan oleh DirjenBina Adwil dan juga Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Safrizal.

Kali ini pemerintah mengambil opsi longgarnya perketatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) meski di tengah PPKM, supaya pemulihan ekonmi dalam negeri bisa segera teratasi.

Pemerintah akan membuka pintu masuk PPLN baru, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Provinsi Riau untuk mendorong kelancaran lalu lintas orang, barang, dan jasa.

Pembukaan pintu masuk baru diharapkan dapat sebagai salah satu pembangkit pertumbuhan ekonomi.

Selain aturan PPLN, dengan terbitnya Inmendagri terbaru, aturan terkait makan di luar rumah kembali diperketat pemerintah.

Di sana tertulis, setiap restoranm rumah makan, dan/atau kafe yang berada dalam ruangan maupun area terbuka dua-duanya hanya boleh buka hingga pukul 22.00 WIB.

Aturan itu ditambah dengan kapasitas 75 persen pembeli makan di tempat. Durasi makan kini kembali diatur, yaitu setiap orang hanya diizinkan makan selama satu jam.

“Restoran/rumah makan, kafe dengan lokasi yang berada dalam gedung/toko atau area terbuka baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall diizinkan buka dengan ketentuan protokol kesehatan sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat, dengan kapasitas maksimal 75 persen dan waktu makan maksimal 60 menit,” bunyi poin terkait PPKM level II.

Bahkan pada kasus restoran atau kafe khusus malam hari, aturan itu juga tak pandang bulu.

Jika resto biasa tutup pukul 10 malam, restoran atau kafe malam hanya diizinkan buka hingga pukul 02.00 WIB dini hari.

Tak ada nedanya dengan restoran siang hari, untuk kapasitas maksimal pengunjung dibatasi diangka 75 persen dengan waktu makan satu jam juga.

Diantara informasi penting yang perlu diceramati dalam aturan ini juga terletak pada operasional pusat perbelanjaan/mall.

Menurut aturan Mendagri terbaru, satu bulan ke depan mall hanya boleh dibuka hingga pukul 22.00 WIB.

“Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan maksimal 75 persen sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat,” bunyi aturan Inmendagriterbaru.

Safrizal mengaku optimis pemerintah dapat mengendalikan laju perkembangan Covid-19 kali ini, jika ada partisipasi signifikan dari seluruh lapisan masyarakat.***


Jawabali Kembali Ppkm Restoran Kafe Dan Mall Tutup Jam 10 Malam