Dilihat : 75 kali

ARAH BAIK – Usai bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu, 29 Juni 2022, Presiden Jokowi beserta rombongan melawat ke Moskow, Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin.

Jokowi bersama Ibu Iriana dan rombongan tiba di Istana Kremlin, Moskow, Rusia pada hari Kamis, 30 Juni 2022 pukul 15.30 waktu setempat.

Presiden Jokowi mengungkapkan pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin untuk membawa misi perdamaian untuk Rusia dan Ukraina.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin, Jokowi membahas beberapa hal, terlebih soal konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya sebagai perwakilan dari Indonesia siap menjembatani komunikasi dan menyediakan ruang obrolan bagi Rusia dan Ukraina.

Hal tersebut dilakukan Presiden Jokowi untuk menciptakan perdamaian antara kedua negara tersebut.

Selain itu, Presiden Jokowi juga membicarakan soal pasokan pangan dan pupuk yang terganggu.

Terganggunya pasokan pangan dan pupuk imbas dari operasi milter Rusia di Ukraina sejak Februari lalu.

Jokowi mengatakan , jika pasokan dan pupuk dibiarkan secara terus menerus akan berdampak buruk bagi seluruh masyarakat dunia.

Terlebih, bagi mereka yang tinggal di negara berkembang. Melawat ke Ukraina dan Rusia, Jokowi menyatakan dukungannya kepada PBB untuk reintegrasi komoditas pangan dan pupuk dalam rantai pasok dunia.

“Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut,” ujar Presiden Jokowi, dikutip dari laman PresidenRI.go.id, Kamis 30 Juni 2022.

Presiden Jokowi pun menyampaikan bahwa permintaan tersebut direspon baik oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Vladimir Putin mengungkapkan bahwa dirinya akan memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.

Jokowi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi keputusan Vladimir Putin untuk menjamin keamanan pasokan pangan dan pupuk.

“Ini sebuah berita yang baik,” tutur Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menyerukan kepada seluruh pemimpin dunia lainnya untuk bekerjasama menegakkan perdamaian.

“Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semnat multilateralisme, semnagat damai dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” ucap Presiden Jokowi.***


Hasil Pertemuan Jokowi Dengan Putin Indonesia Sediakan Ruang Obrolan Bagi Rusia Dan Ukraina