Dilihat : 89 kali

ARAH BAIK - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kiev, Ukraina, Rabu 29 Juni 2022 untuk berdialog membahas situasi Ukraina yang saat ini masih bersitegang dengan Rusia.

Kunjungan Jokowi disambut baik Volodymyr Zelensky, dan mengatakan bahwa kunjungan Jokowi itu merupakan yang pertama dilakukan pemimpin Asia sejak perang Rusia-Ukraina berkecamuk.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina," ujar Zelensky.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Jokowi juga menjelaskan posisi Indonesia terhadap situasi Ukraina-Rusia dan menawarkan bantuan. Berikut penjabarannya :

1. Indonesia menjunjung tinggi nilai perdamaian

Jokowi menegaskan pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Ia menyerukan agar konflik Ukraina-Rusia yang berkecamuk sejak akhir Februari silam segera berakhir.

Presiden RI ke-7 mendorong penyelesaian damai konflik tersebut agar kedamaian dunia tidak luntur.

2. Jokowi membawa pesan Ukraina ke Presiden Vladimir Putin

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi akan membawa pesan Zelensky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Diketahui, Jokowi akan terbang ke Moskow menemui Vladimir Putin usai kunjungannya dari Ukraina.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” kata Jokowi

3. Bantu pasokan obat-obatan dan rekonstruksi rumah sakit di Ukraina

Konflik Ukraina-Rusia memicu kerusakan infrastruktur dan peningkatan kebutuhan medis untuk masyarakat di Ukraina

Jokowi menyatakan siap berusaha membantu Ukraina untuk membangun kembali rumah sakit di sekitar Kiev yang rusak imbas perang, termasuk penyaluran obat-obatan bagi warga setempat.

4. Singgung rantai pasokan pangan global

Ukraina menjadi salah satu eksportir terbesar bahan pangan gandum. Menurut statistik perdagangan internal UN Comtrade, Ukraina mengekspor 19,39 juta ton gandum ke seluruh dunia pada tahun 2021.

Indonesia cukup bergantung terhadap ekspor gandum Ukraina. Selama Juli 2020-Juni 2021, data yang dirilis Departemen Pertanian AS, ekspor gandum Ukraina ke Indonesia tercatat sebesar 2,61 juta ton, setara 15,7 persen dari total ekspor gandum Ukraina.

“Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini,” ujar Jokowi

5. Memastikan Zelensky hadir di KTT G20 di Bali

Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali pada November 2022. Jokowi kembali menyampaikan undangan secara langsung kepada Zelensky untuk berpartisipasi dalam KTT G20.***


5 Poin Hasil Pertemuan Jokowi Dengan Zelensky Di Kiev Presiden Jadi Pembawa Pesan Untuk Rusia