Dilihat : 91 kali

ARAH BAIK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah sampai di ibu kota Ukraina, Kiev untuk bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Jokowi mengkonfirmasi, dirinya tiba di Kiev Selasa malam, waktu setempat, 28 Juni 2022. Ia mengabarkan situasi terkini itu melalui sebuah unggahan di Twitter.

“Dari peron 4 Stasiun Przemyśl Główny di kota Przemyśl, Polandia, pukul sembilan malam, saya dan rombongan terbatas berkereta menuju Kiev, Ukraina,” kata Jokowi lewat cuitannya.

“Kami memulai misi perdamaian ini dengan niat baik. Semoga dimudahkan,” ucapnya lagi pada Rabu, 29 Juni 2022.

Unggahan tersebut sontak dibanjiri netizen Indonesia dengan harapan dan doa-doa keselamatan bagi presiden.

Hal itu dikarenakan Jokowi berada di negara yang kini sedang dilanda peperangan di banyak wilayahnya.

Netizen juga bahkan ada yang mempertanyakan perihal rompi anti peluru bagi orang nomor satu RI itu bersama sang istri, Iriana Jokowi.

Dari foto yang ikut diunggah, muncul spekulasi Jokowi menggunakan rompi tersebut, lantaran jaket yang dikenakannya terlihat lebih berisi dari biasanya.

Namun, sebelumnya Paspampres yang mengawal Jokowi mengkonkonfirmasi bahwa presiden akan mengenakan helm dan rompi antipeluru.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden dan Ibu Iriana didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi dan rombongan diketahui menggunakan Kereta Luar Biasa yang memang disiapkan pemerintah Ukraina bagi kunjungan pemimpin negara lain sejak beberapa waktu lalu.

Presiden dan rombongan berangkat via perjalanan kereta pukul 21.15 waktu setempat, tepat dari peron 4 Stasiun Przemyśl Główny di kota Przemyśl, Polandia.

Perjalanan jalur darat dari Rzeszow ini hanya berjarak sekitar 80 kilometer dari perbatasan Ukraina, menggunakan kereta api menuju Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Menanggapi kecemasan publik tanah air, Menlu Retno mengatakan dirinya secara konstan terus menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak.

Seperti Presiden Palang Merah Internasional, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB atau UN OCHA, Menteri Luar Negeri Turki, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Ia juga akan memastikan komunikasi terus berjalan antara pihak RI dengan pihak Ukraina juga Rusia.

"Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia,” ucap Retno. ***


Presiden Jokowi Tiba Di Kiev Netizen Pertanyakan Rompi Antipeluru