Dilihat : 107 kali

ARAH BAIK - PT. Pertamina (Persero) akan mulai mendata masyarakat yang beli BBM subsidi jenis Pertalite dan Biosolar mulai 1 Juli 2022.

Karenanya, masyarakat yang ingin membeli BBM subsidi diminta untuk melakukan pendaftaran melalui situs resmi yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Tetapi, ada salah kaprah yang muncul di kalangan masyarakat terkait kebijakan pendataan pembelian BBM jenis Pertalite dan Biosolar ini.

Salah kaprah terkait kewajiban untuk gunakan aplikasi My Pertamina saat proses pengisian Pertalite dan Solar dilakukan.

Padahal, Pertamina tak menjelaskan sama sekali kewajiban mengenai penggunaan aplikasi My Pertamina.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menjelaskan mengenai penggunaan aplikasi My Pertamina ini.

Menurutnya, masyarakat yang akan membeli BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi tak perlu menggunakan aplikasi My Pertamina.

Masyarakat diminta untuk melakukan pendaftaraan data diri melalui situs https://subsiditepat.mypertamina.id/ mulai 1 Juli 2022.

Kebijakan ini akan berlangsung di 11 kota besar seperti Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Banjarmasin, dan lainnya.

"Perlu diketahui masyarakat, bahwa di 4 kota/kabupaten ini masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum mengunduh aplikasi My Pertamina, karena untuk registrasi cukup melakukan pendaftaran di website subsiditepat.mypertamina.id tersebut,” ujar Eko menjelaskan.

Proses setelah pendaftaran dilakukan di situs https://subsiditepat.mypertamina.id/ adalah masyarakat akan langsung dapat QR Code berbeda satu sama lainnya.

QR Code ini bisa digunakan melalui aplikasi My Pertamina. Bisa juga di-screenshot dan disimpan dalam HP atau bisa juga diprint untuk dibawa ke mana-mana.

Dengan QR Code tersebut, petugas SPBU Pertamina akan mencocokkan datanya dengan data diri Anda.

Data yang ada di QR code itu yang akan digunakan untuk petugas SPBU melayani transaksi pembelian Pertalite atau Biosolar.

“Jadi untuk pembayaran pun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsi, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non tunai lainnya, tidak terbatas hanya menggunakan My Pertamina," tutur Eko.***


Beli Pertalite Dan Solar Subsidi Ternyata Tak Wajib Gunakan Aplikasi My Pertamina