Dilihat : 84 kali

ARAH BAIK – Era digital saat ini banyak pekerjaan yang bisa menghasilkan uang melalui sosial media mulai dari Tiktok, Youtube, Instagram, dll.

Tidak hanya pengusaha yang memiliki banyak uang, menjadi Content Creator seperti Raffi Ahmad-Nagita Slavina yang dinobatkan Forbes sebagai The Sultant of Content.

Banyak anak muda sekarang bercita-cita menjadi Youtuber, Tiktokers dan Influencer.

Memang menggiurkan pendapatan yang didapat melalui sosial media bisa dilihat dari daftar panjang Content Creator yang menghasilkan uang lebih dari seorang CEO.

Kisah sukses Raffi Ahmad-Nagita Slavina menjadi contoh bahwa di dunia maya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

RANS Entertainment, perusahaan yang didirikan oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina berhasil menarik 23,3 juta subscriber di Youtube.

Lalu bagaimana sih caranya berlimpah uang sebagai seorang Content Creator?

1. Cari Target Pasar yang dituju

Untuk bisa sukses menjadi content creator, Anda harus tahu pasar yang ditargetkan untuk menjadi penikmat konten Anda.

Dengan mengetahui targer pasar, Anda dapat berkreasi dan menciptakan produk yang padat dan informatif.

2. Kaya Inovasi dan mempunyai Branding yang Kuat

Sebagai seorang Content Creator kita harus memiliki branding yang kuat dan bisa menciptakan ide-ide kreasi baru.

Untuk Self Branding, seperti Jharna Bhagwani, perempuan berusia 18 tahun ini selalu mengunggah konten-konten makeup yang menarik dan berbeda atau Kaffa Nugroho membuat konten parody yang lucu dari beberapa foto. Ia menjadi viral karena dalam kontennya ia sering mengatakan 'ngohokey' yang artinya 'oke'.

Identitas itu yang membedakan mereka dari influencer lain yang menjadikan konten serupa.

Dengan konsep yang berbeba dari yang lain dan kuat menjadikan penonton mudah datang ke channel kita.

3. Pandai Membaca Trend

Salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang Content Creator yaitu lihai dalam membaca trend dan mengikuti perkembangan topik hangat di sosial media.

Seorang Content Creator mampu membuat konten yang sedang trending atau banyak dicari masyarakat.

Misalnya, sedang trendnya scene tertentu series Layangan Putus, maka banyak conten creator yang memparodikan scene tersebut.

Sebagai seorang Content Cretor harus bisa menciptakan ide atau branding yang bisa menarik penonton dan bisa mengikuti trend.

4. Memiliki engagement yang Tinggi

Content creator harus mampu berkomunikasi dua arah atau membuat penonton merasa dekat dengan mereka, maka dengan itu engagement yang di dapat bisa tinggi.

Di dalam dunia perkontenan, menarik tidaknya video dilihat dari para penonton menghabiskan waktu menyaksikan video tersebut. Jika penikmat video hanya menyaksikan video di menit pertama saja,  artinya engagement yang dihasilkan tidak memuaskan.

Engagement bisa diartikan bahwa conten cretor mampu memenagruhi penonton untuk mengambil keputusan melakukan atau membeli sebuah produk. Misalnya, review seorang Content Creator yang membuat penontonnya membeli produk yang dinilai bagus.

5. Mampu mengelola keuangan dengan baik

Setiap Content Creator harus memiliki skill management keuangn yang baik, jika tidak ia tidak bisa memaksimalkan sisi finansial mereka.

Terlebih jika sudah memiliki channel yang besar, maka bisa mempekerjakan karyawan yang membantu anda dalam menyelesaikan konten yang Anda jadwalkan dan banyak brand yang ingin bekerja sama. Jika tak punya skill keuangan yang baik, bisa jadi malah keteteran dengan pemasukan dan tanggung jawab.

Jika melihat Raffi Ahmad misalnya, memulai kariernya sebagai host, pemain film, penyanyi dan beralih menjadi pembisnis handal yang mampu mendirikan perusahaan sendiri.

Berapapun penghasilan yang didapat harus bisa mengelola keuangan dengan baik , percuma kalau sudah bagus, penonton banyak, menjadi brand ambassador dimana mana tapi tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. ***


Bak Sultan Andara Raffi Ahmadnagita Slavina Berlimpah Uang Lewat Content Creator