Dilihat : 70 kali

ARAH BAIK - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau mulai menyuntikkan vaksin penangkal Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Kegiatan dilaksanakan Dinas Peternakan dan Perkebunan serta di dukung TNI Polri, BPBD serta dokter hewan.

Doni, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Peternakan Rohul, mengatakan kegiatan vaksinasi ini sudah berlangsung selama beberapa hari. Hal ini juga terkait dengan semakin dekatnya hari raya Kurban.

"Pada hari pertama vaksin dilaksanakan di Desa Rambah Utama sebanyak 300 ekor sapi. Selanjutnya di hari kedua dilaksanakan di Desa Masda Makmur sebanyak 200 ekor. Jumlah keseluruhan sapi yang telah divaksin 500 ekor," kata Doni Senin 27 Juni 2022.

Doni menjelaskan, pada saat ini Pemkab Rohul telah mendapat 1.000 dosis vaksin untuk tahapan pertama. Selain itu dia juga mengatakan, ada sebanyak 122 ekor sapi yang telah terpapar PMK di Kabupaten Rokan Hulu.

"Pada tahap pertama ini, Kabupaten Rokan Hulu menerima 1.000 dosis vaksin. Kasus PMK di Kabupaten Rokan Hulu terkonfirmasi sebanyak 122 ekor sapi. Hingga sampai saat ini, belum ada yang mati. Sebagian besar sapi sudah menampakkan gejala sembuh," ucap Doni.

Kemudian, dalam menyambut Idul Adha, pihaknya hanya fokus pada pemeriksaan hewan kurban.

"Kita sarankan kepada petani atau pengurus masjid jangan dulu membawa hewan korbannya di jauh-jauh hari. Kita sarankan satu hari menjelang hari kurban baru dibawa ke masjid. Ini kita harapkan bisa menanggulangi atau menekan angka penyebaran PMK," harapnya.

Kopda Dariono, Babinsa Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR, menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu panik, karena PMK tidak menular ke manusia.

"PMK pada ternak tidak dapat menular atau menginfeksi kepada manusia. Karenanya, masyarakat tidak perlu panik dan khawatir. Saat ini tim gabungan juga sudah melakukan Vaksinasi pada sapi untuk menciptakan kekebalan pada ternak terhadap penyebaran virus PMK pada ternak," tegasnya.***
 


Jelang Idul Adha 500 Ekor Sapi Di Rokan Hulu Divaksin Pmk