Dilihat : 80 kali

ARAH BAIK - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan berencana akan menjadikan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster sebagai salah satu syarat perjalanan. Kebijakan ini akan dilakukan jika pada bulan Juli mendatang, kasus aktif Covid-19 masih terus meningkat.

"Karena kalau Juli nanti kita belum juga angka ini (kasus aktif Covid-19) masih terus juga naik belum terhenti, kita akan mungkin membuat persyaratan perjalanan itu harus booster, ini demi kita semua. Jadi saya mohon pemahaman kita," kata Luhut dalam acara Lagawi Festival yang disiarkan virtual pada Kamis, 23 Juni 2022.

Secara nasional, ia mengatakan kasus Covid-19 meningkat akibat masuknya varian BA.4 dan BA.5. Kasus aktif 22 Juni menembus 11,3 ribu atau 98 persen lebih rendah dari puncak kasus varian omicron.

"Nah ini perlu kita waspadai dengan baik," ujarnya.

Kata Luhut, kewaspadaan akan itu harus ditingkatkan walau keterisian rumah sakit masih rendah atau 96,5 persen lebih rendah dari puncak kasus Omicron. Bed occupancy rate atau BOR bertahan di 1,9 persen. Kemudian, tingkat kematian masih sangat rendah atau 99 persen di bawah puncak kasus omicron. 

Angka positif rate pun di bawah standar WHO 5 persen, yaitu 3,3 persen. Meski seperti itu, Luhut melihat kenaikan kasus Covid-19 terjadi di hampir seluruh dunia, seperti di Amerika.

"Singapura yang dekat dengan kita naik sangat tinggi, Malaysia juga sangat tinggi. Jadi saya mohon kita semua harus disiplin harus mendengarkan arahan pemerintah mengenai ini," ujarnya.

Luhut juga menyarankan bagi masyarakat yang belum menerima vaksin booster agar segera mendaftarkan diri. Kembali ia ingatkan bahwa kewaspadaan diperlukan agar negara tidak mengulangi kesalahan yang akan membuat kasus Covid-19 meningkat tajam, seperti beberapa waktu yang lalu.

"Ya, kalau Anda mau pingin hidup panjang lagi. Walaupun itu bukan urusan kita, tapi booster ini sudah dibuktikan dia akan banyak membantu untuk mengurangi tekanan dari varian Ba4 dan BA5 tadi," ucap Luhut. 

"Jadi saya mohon betul-betul Bapak Ibu sekalian menyebarkan berita ini. Ayo mari kita berbooster ria," imbuh Luhut.***


Vaksin Booster Bakal Dijadikan Syarat Perjalanan Oleh Luhut