Dilihat : 94 kali

ARAH BAIK – Masyarakat yang akan atau pernah berkunjung ke Pantai Selatan Jawa pasti sudah mendengar larangan menggunakan baju hijau saat mendatangi tempat tersebut.

Hal itu kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis yang berhubungan dengan Nyi Roro Kidul yang terkenal sebagai penguasa Pantai Selatan Jawa.

Akan tetapi, larangan tersebut ternyata bukan hanya mitos, fakta ilmiah terkait tidak boleh menggunakan baju hijau di Pantai Selatan Jawa pun diungkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Hai #SahabatBahari, siapa nih yang pernah mendengar kalau ke Pantai Selatan tidak boleh menggunakan pakaian berwarna hijau? Banyak kabar terdengar mengenai rumor pelarangan ini yaa dan tidak sedikit pengunjung yang menjadi korban tenggelam saat berenang di pantai ini," tuturnya, Rabu, 22 Juni 2022.

"Eits, ternyata ada fakta ilmiahnya lho mengapa pengunjung tidak disarankan menggunakan pakaian berwarna hijau. Penasaran faktanya? Yuk Mimin jawab rasa penasaran #SahabatBahari," ujar KKP menambahkan.

Menurut penjelasannya, disebutkan bahwa warna hijau merupakan spektrum warna laut.

"Saat menggunakan baju berwarna hijau dan terseret ombak ke tengah laut, akan lebih sulit terlihat oleh tim penolong," kata KKP.

Mereka juga menuturkan penyebab air laut bisa terlihat berwarna hijau yang menjadi penyebab tidak bolehnya menggunakan baju hijau saat ke pantai.

"Warna hijau adalah spektrum gelombang medium yang mencapai kedalaman sekitar 100 atau 200 meter," ucap KKP.

“Warna hijau di kedalaman kurang dari dari 50 meter juga bisa disebabkan karena pantulan substrat dasar laut yang berupa pasir putih atau pecahan koral dan cangkang–cangkang kerang berwarna putih,” tuturnya, dikutip dari Instgram @kkpgoid Kamis 23 Juni 2022.

Menanggapi penjelasan tersebut , netizen pun kembali mengaitkannya dengan mitos Nyi Roro Kidul.

“Yang pakai baju hijau besoknya kerja jadi bawahannya Nyi Roro Kidul????,” ucap @bramantiobagaskara.

“Banyak hal di kehidupan pedesaan dan pesisir dipenuhi oleh hal-hal tabu untuk dilkukan dan ternyata bnyak alasan dan hikmah di balik itu. Kita kadang terlalu malas untuk menggalinya,” kata @kangben.id

“Lah ini pada menantang nyai nya ya pak,” ujar @thegreatmujib13.

“Iya mitos kalau pake baju hijau bisa diculik sama yang gaib tapi biasanya kalau pake baju hijau hilang di laut susah nyarinya karena warna gak cerah????,” tutur @kodri11219.

“Saya karena asli orang Garut???, itu secara ilmiah nya tapi secara mitosnya Mimin juga pasti tau karena hal apa tidak boleh memakai baju warna hijau ketika berenang????????,” ucap @dirkha_2022.***


Kementerian Kelautan Dan Perikanan Ungkap Mitos Tak Boleh Pakai Baju Hijau Di Pantai Selatan Jawa