Dilihat : 108 kali

ARAH BAIK - Pesawat menjadi salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan untuk hilir mudik dari satu daerah ke daerah lain, dari satu negara ke negara lain.

Selain nyaman, pesawat pun dipilih karena begitu memudahkan dan mempersingkat waktu para penggunanya.

Namun ternyata, tahukah Anda jika ada wilayah 'haram' untuk pesawat melintas? Yaps, salah satu wilayah haram tersebut adalah di atas Ka'bah, Makkah. 

Ada alasan khusus yang ternyata membuat pesawat tersebut dilarang melintas tepat di atas Ka'bah Makkah. Apa saja, simak yuk!

1. Demi Penghormatan Agama

Alasan pertama yang mendasari adanya larangan pesawat untuk tidak melintas di atas Ka'bah, Makkah adalah karena demi penghormatan agama. 

Pemerintah Arab Saudi telah mengkategorikan kota Makkah sebagai zona non-terbang untuk penerbangan komersil, demi menghormatinya.  

Persatuan Pilot Maskapai Nasional Prancis (SNPL), pun mengatakan larangan terbang yang dibenarkan oleh otoritas Arab Saudi, yakni karena alasan ideologi penghormatan.

"Alasan ideologis (dan) penghormatan terhadap Ka'bah," tulis keterangan SNPL.

2. Suara Bising Pesawat Dikhawatirkan Mengganggu Ibadah

Memang seperti yang kita tahu, Makkah dianggap sebagai kota suci, oleh seluruh umat muslim di dunia. 

Belum lagi, suara bising dari mesin pesawat yang sangat dikhawatirkan akan dipantulkan gunung-gunung yang mengelilingi Ka'bah, dan dapat mengganggu konsentrasi para jamaah yang sedang beribadah dengan khusyuk. 

Anda tahu dengan pasti bukan, bagaimana suara pesawat saat melintas? Apalagi jika jaraknya dekat. Karena hal inilah pesawat dilarang melintas.

2. Non-Muslim Tidak Diizinkan untuk Perjalanan ke Makkah

Mengutip Life In Saudi Arabia, alasan pesawat tidak diizinkan untuk terbang di atas Ka'bah lainnya adalah karena non-muslim memang tidak diperbolehkan melakukan perjalanan ke Makkah.

Kota Makkah, merupakan tempat suci bagi umat Islam sekaligus pusat ziarah. Aturan menjaga Makkah untuk Muslim pun diterapkan dengan sangat ketat, sehingga apabila ada non-muslim di Makkah, bisa menghadapi denda sampai deportasi.

Walau begitu, ada beberapa pengecualian untuk larangan terbang di atas Makkah. Yakni, untuk helikopter yang terkadang melintas demi memonitor keamanan jamaah yang sedang beribadah, telah diizinkan.***


3 Alasan Pesawat Haram Terbang Di Atas Kabah Kota Makkah