Dilihat : 58 kali

ARAH BAIK - Malam Nisfu Sya’ban adalah malam dimana momen bertabur berkah dan ampunan ALLAH SWT.

Malam Nisfu Sya’ban juga disebut dengan malam pengampunan. Malam Nisfu Sya’ban jatuh pada tanggal 15 Sya’ban tepatnya pada tanggal 18 Maret 2022.

Sehingga malam Nisfu Syaban jatuh pada Kamis, 17 Maret 2022 tepatnya setelah maghrib di hari itu hingga fajar Jumat, 18 Maret 2022.

Bulan Sya'ban merupakan bulan yang turun sesudah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa barang siapa yang memberitahukan berita datangnya bulan Syaban kepada yang lain, maka haram api neraka untuknya.

Peristiwa agung yang terjadi di bulan Sya’ban adalah diangkatnya amal ibadah tahunan umat ini kepada Allah SWT karena itu juga lah kemudian Nabi SAW melakukan ibadah puasa di bulan Syaban lebih banyak dari puasa sunnah yang biasa dilakukan di bulan-bulan lain, itu beliau SAW lakukan berharap ridha Allah SWT yang mengangkat amal dan beliau sedang dalam keadaan puasa.

Berpuasa di bulan Sya’ban menjadi ibadah puasa yang paling mulia diantara puasa-puasa sunnah lain setelah puasa Ramadhan. 

Untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, amalan apa saja sih yang perlu dikerjakan :

1. Sholat Sunnah

Sholat sunnah yang dianjurkan dikerjan di malam nisfu sya’ban yaitu sholat tahajjud, sholat tasbih, sholat hajat, dan sholat taubat.

2. Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 kali

Bacaan Yasin pertama diniatkan agar diberi umur yang panjang, dan bacaan kedua diniatkan supaya dijauhkan dari dari segala bala dan diberi rizki halal yang banyak, dan bacaan ketiga diniatkan agar hidupnya tidak tergantung kepada orang lain dan diberikan husnul khatimah.

3. Memperbanyak Dzikir

Dzikir merupakan salah satu amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbanyak pahala.

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan bahwa :"Seyogianya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaandengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya."

4. Berpuasa

Keutamaan berpuasa di Nisfu Sya’ban yaitu akan mendapatkan syafaat dari Rasulullah SAW.

Berikut adalah lafal niat puasa Sya'ban: 

"Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ,"

Artinya: “Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’âlâ." 

Selain niat di dalam hati, niat juga diucapkan dengan lisan.

5. Berdoa

Tidak ada doa khusus yang dibacakan pada malam Nisfu Sya’ban. Setiap umat muslim dapat berdo’a apa saja kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW menyatakan dalam sebuah hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy yang artinya“Ada 5 malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya‘ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

6. Saling Memaafkan

Dianjurkan pada malam ini untuk bertaubat dan saling mema’afkan dengan sesama manusia.

"Sesungguhnya Allah melihat pada pertengahan Sya'ban. Maka dia mengampuni semua makhluk, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan," hadis dari Abu Musa Al-Asy'ari.

Itulah amalan-amalan yang dilakukan saat malam Nisfu Sya’ban.***
 


Malam Nisfu Syaban Amalan Apa Saja Sih Yang Dilakukan Cek Selengkapnya Disini