Dilihat : 80 kali

ARAH BAIK - Laptop yang mulai lambat dan sering hang saat digunakan sangat mengganggu pekerjaan. Meski begitu, Anda jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru.

Anda bisa mencoba cara mengatasi laptop yang lemot tersebut.

Penyebab laptop hang bisa terjadi karena terlalu banyak program yang dioperasikan bersamaan.

Selain itu, laptop hang juga bisa disebabkan oleh hard disk yang penuh sehingga tidak ada ruang lagi untuk perangkat tersebut untuk menyimpan dan memproses program.

Berikut cara mengatasi Laptop hang yang bisa Anda terapkan :

1. Tutup aplikasi yang berjalan di belakang layar

Mengutip dari ifixscreen, Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat laptop hang adalah tekan tombol Ctrl+Alt+ Delete secara bersamaan pada keyboard laptop Anda.

Setelah itu, Anda bisa melihat jendela Windows Task Manager dan melihat program apa saja yang menghabiskan CPU atau RAM paling besar. Ketika menemukan program yang tidak penting, klik tombol “End Task”.

2. Instal pembaruan Windows yang terbaru

Jika Anda tidak menginstal pembaruan sistem operasi tepat waktu, maka laptop akan mengalami gagal fumgsi atau hang. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menginstal windows sesuai masanya.

Jangan lupa gunakan program Windows resmi dari Microsoft Windows agar dapat segera mengunduh versi terbaru setelah rilis. Jika Anda menggunakan Windows 10, opsi pembaruan akan diaktifkan secara otomatis.

3. Pasang cooling pad atau fan agar laptop tidak overheat

Seperti peralatan elektronik lainnya, laptop juga akan melambat saat prosesornya tidak berfungsi secara optimal. Hal ini terjadi karena laptop panas atau overheat.

Ketika laptop panas, kinerja laptop akan melambat karena penurunan fungsi prosesor. Demi mencegah hal ini terjadi, Anda disarankan untuk menggunakan cooling pad atau fan agar laptop tetap pada suhu yang terjaga.

4. Rutin membersihkan lubang ventilasi laptop

Selain pada sistem prosesor, kebersihan ventilasi udara juga harus diperhatikan pada laptop Anda. Pastikan debu dan kotoran tidak menghalangi jalur ventilasi.

Jika ventilasi udara tersumbat, laptop bisa berdampak pada masalah besar, salah satunya hang, sistem prosesor melambat bahkan bisa rusak total. Cara mengatasi laptop yang hang adalah dengan melakukan pembersihan pada seluruh bagian laptop secara rutin dan optimal.

5. Uprgade RAM

Jika laptop terus menerus hang, tandanya RAM laptop sudah tidak lagi memadai. Karena RAM pada laptop membutuhkan ruang yang cukup untuk menjalankan sistem secara lancar.

Jika Anda menjalankan beberapa aplikasi berat seperti Adobe Photoshop, Adobe Premiere, Auto CAD, atau Visual Studio sekaligus, maka Anda perlu meningkatkan konfigurasi RAM yang lebih tinggi agar kinerjanya tidak melambat.

Salah satu cara mudah agar tahu laptop memiliki masalah RAM atau tidak ialah ketika menjalankan perangkat, waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama atau melambat.

Selain itu, jika laptop Anda sering restart sendiri, ini juga bisa menjadi indikasi dari RAM yang rusak.

Selain menggunakan cara mengatasi laptop hang di atas, Anda juga perlu memperhatikan program yang diinstal pada laptop.

Buang program yang tidak terlalu penting atau tidak dibutuhkan agar kinerja laptop bisa lebih optimal dan efisien. ***


5 Cara Mengatasi Laptop Hang Dengan Mudah