Dilihat : 94 kali

ARAH BAIK – Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang menunjukkan grup kasidah Indonesia sedang manggung di Jerman.

Grup kasidah Nasida Ria mencuri perhatian setelah aksinya saat tampil di acara musik Documenta di Kassel, Jerman.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @localprideindonesia, Nasida Ria membawakan salah satu lagu hit mereka, Perdamaian.

Lagu Nasida Ria tersebut kembali populer setelah dibawakan ulang oleh band Gigi yang divokalisi Armand Maulana.

Lalu, siapakah Nasida Ria? Berikut sejumlah fakta tentang grup kasidah legendaris ini.

Grup kasidah asal Kota Semarang ini dibentuk pada tahun 1975 yang terdiri dari para santri.

Nasida Ria didirikan oleh H. Muhammad Zain beserta sang istri, Hj. Mudrikah Zain. Grup ini ternyata telah berdiri setidaknya selama 3 generasi.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh putra pasangan pendiri Nasida Ria, Gus Choliq Zain saat tampil di sebuah acara talkshow di Trans7.

“Asli Nasida Ria 9 orang, sekarang 12 orang dari 3 generasi, generasi pertama Ibu Hj. Harin Zamain, generasi kedua Ibu Hj. Afwa dan temen-temen, dan generasi ketiga kebetulan anak saya,” kata Gus Choliq Zain.

Sebutan grup legendaris tak sembarangan disematkan kepada Nasida Ria. Pasalnya, mereka telah melanglang buana di Indonesia bahkan kancah internasional.

Faktanya, Nasida Ria tak hanya sekali ini manggung di Jerman karena mereka juga pernah bertandang ke Negeri Panzer dalam beberapa kesempatan.

Dalam cuplikan video-video yang ditampilkan dalam acara talkshow tersebut, terkuak Nasida Ria juga pernah manggung di Recklinghausen pada tahun 1996 dalam sebuah acara khitanan.

“Tahun 1994 itu festival muslim sedunia, jadi tiap seminggu kita tampil dua kali di beberapa negara, tahun 1996 kita dipanggil lagi tapi sama Departemen Budaya,” kata Gus Choliq Zain.

Lagu-lagu Nasida Ria pun banyak diciptakan oleh para kiai di Jawa Tengah yang menjadikannya sebagai sarana dakwah.

Salah satu lagu legendaris Nasida Ria adalah lagu Perdamaian dan Bom Nuklir yang digubah oleh seorang kiai asal Jawa Tengah, KH. Bukhori Masruri.

“Lagu Nasida Ria banyak diciptakan oleh kiai seperti Bapak KH. Bukhori Masruri pimpinan NU Jawa Tengah, selain sebagai kiai, beliau juga sebagai scientist, buktinya menciptakan lagu Perdamaian dan Bom Nuklir,” kata Gus Choliq Zain.***


Mengenal Grup Kasidah Nasida Ria Asal Semarang Yang Manggung Di Jerman