Dilihat : 78 kali

ARAH BAIK - Virus Covid-19 varian baru yakni BA.4 dan BA.5 dianggap cukup mengancam dunia tak terkecuali Indonesia.

Varian vaksin yang sudah dipakai oleh masyarakat belum bisa terbukti menangani pasien yang terserang varian Covid-19 terbaru.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban dalam akun twitternya @ProfesorZubairi mengatakan bahwa virus Covid-19 BA.4 dan BA.5 bisa menyebabkan gelombang infeksi di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa lainnya.

“Bahkan ada peringatan tentang kemungkinan gelombang besar yang akan menyusul dalam beberapa minggu mendatang. Bagaimana dengan Indonesia?,” kata Zubairi.

Nah perihal prediksi akan ada 20 ribu kasus per hari di Indonesia, Zubairi menyatakan bahwa jika tidak ada upaya dan mitigasi yang signifikan, maka kasus baru juga akan meningkat.

Namun, ia berharap semoga, dengan pengalaman yang Indonesia miliki, termasuk perilaku protokol kesehatan yang baik, Indonesia bisa melewati gelombang dari virus baru ini.

“Vaksin efektif menangkal BA.4 dan BA.5? Bukti saat ini belum cukup untuk memastikan kemanjuran vaksin dan hasil klinis lainnya dibandingkan dengan varian sebelumnya,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, sampai 17 Juni 2022, rate positif dari Covid-19 di Indonesia mencapai 5,8% atau ada peningkatan tambahan kasus baru di Indonesia mencapai 1.220 orang.

IDI mencatat, kasus terbaru yang berasal dari varian BA.4 dan BA.5 mencapai 57 orang pada 17 Juni 2022.***


Vaksin Covid 19 Tak Cukup Efektif Tangkal Omicron BA 4 Dan BA 5