Dilihat : 89 kali

ARAH BAIK – Tak hanya dianugerahi alam yang yang cantik, Indonesia juga kaya akan wisata sejarah, salah satunya candi.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi objek wisata candi, maka daftar wisata candi di bawah ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Adapun rekomendasi 5 objek wisata candi yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Candi Dieng, Jawa Tengah

Candi Dieng merupakan kompleks candi di Dataran Tinggi Dieng yang memiliki ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut.

Candi ini telah dibangun pada masa pemerintahan Kerajaan Kalingga dan dinasti Wangsa Sanjaya. Bercorak Hindu, candi Dieng diperkirakan dibangun dalam 2 tahap.

Tahap pertama dibangun sekitar pertengahan abad ke-7 hingga awal abad ke-8. Kemudian, pembangunan tahap kedua berlanjut pada akhir abad ke-8, yaitu sekitar tahun 780 M.

2. Candi Prambanan

Berlokasi di Kabupaten Klaten, Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia.

Candi Prambanan dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan dewa Siwa sebagai dewa pemusnah

3. Candi Muaro Jambi, Jambi

Candi satu ini berlokasi di Provinsi Jambi dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Melayu. Candi Muaro ditemukan oleh letnan asal Inggris, S.C. Crooke, pada 1824.

Pemerintah Indonesia kemudian mulai serius merenovasi Candi Muaro Jambi pada 1824, di bawah pimpinan R. Soekmono.

Berdasarkan sebuah aksara Jawa Kuno, candi ini didirikan sekitar abad ke-9 hingga abad ke-12 M.

4. Candi Muara Takus, Riau

Candi yang juga bercorak Buddha ini berlokasi di Riau. Candi Muara Takus menjadi salah satu candi Buddha tertua di Pulau Sumatra.

Candi Muara Takus merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Sriwijaya. Bangunan candi ini dibangun dari sekumpulan batu pasir, batu sungai, dan batu bata.

5. Candi Gedong Songo, Semarang Jawa Tengah

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran.

Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi yang ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804. Fakta menyebutkan bahwa Candi Gedong Songo merupakan candi tertinggi di Indonesia.

Demikian rekomendasi 5 wisata candi di Indonesia yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga Anda.***


5 Wisata Candi Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Salah Satunya Ada Di Semarang