Dilihat : 95 kali

ARAH BAIK – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan kenapa Indonesia saat ini belum memasuki musim kemarau.

Seperti diketahui, sejumlah daerah di Indonesia masih mengalami musim hujan meskipun sudah berada di pertengahan bulan Juni 2022 ini.

BMKG mengatakan selama periode Maret hingga Mei 2022, terjadi penguatan La Nina yang yang meningkatkan curah hujan di sejumlah wilayah Indonesia.

Hal tersebut meyebabkan sejumlah daerah yang seharusnya sudah berada pada peralihan menuju musim kemarau masih mengalami hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Menurut pantauan BMKG, La Nina akan melemah menuju netral para periode Juli, Agustus hingga September 2022.

Peningkatan curah hujan harian di sejumlah daerah di Indonesia juga dipengaruhi oleh dinamika atmosfer harian dan kondisi atmosfer lokal pada daerah tersebut.

Sementara, prediksi angin lapisan 850 milibar pada bulan Juni hingga Agustus 2022 menunjukkan monsoon Australia akan aktif dan mendominasi seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu berpotensi pada pertumbuhan awan-awan hujan berkurang sehingga musim kemarau akan tiba di sebagian besar wilayah Indonesia.

Berdasarkan pantauan BMKG terkini, analisis perkembangan musim kemarau kini sebanyak 26,6 persen dari total wilayah Indonesia sudah berada pada perode musim kemarau.

Sedangkan wilayah lainnya masih berada pada periode musim hujan dan peralihan musim.

Wilayah yang sedang mengalami musim kemarau, meliputi Aceh bagian utara dan timur, sebagian Riau, pesisir utara Banten, pesisir utara Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Timur.

Selain itu, ada juga sebagian Bali, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat bagian timur, Sulawesi Tengah bagian barat, Suawesi Utara bagian selatan, Papua Barat bagian utara, dan Papua bagian selatan.

Pada bulan Juni ini, wilayah yang akan memasuki musim kemarau, yaitu sebagian besar Sumatera, sebagian Banten, Jawa Barat bagian tengah dan selatan, Jawa Tengah bagian tengah, Jawa Timur bagian timur, dan Kalimantan Tengah bagian timur.

Wilayah lainnya, yaitu Kalimantan Timur bagian selatan, Kalimantan Selatan bagian utara, Sulawesi Barat bagian selatan, Sulawesi Selatan bagian barat dan selatan, Maluku bagian selatan, sebagian Papua Barat bagian utara, dan Papua bagian tengah.***


Penjelasan Bmkg Soal Kapan Indonesia Memasuki Musim Kemarau 2022