Dilihat : 92 kali

ARAH BAIK - Stress yang terlalu sering dapat mempengaruhi kesehatan.

Merujuk Kaiser Permanente, stress bisa disebabkan oleh semua jenis masalah pencernaan termasuk sakit perut, mulas, mual, diare, dan sembelit.

Menurut keterangan dari laman American Psyhological Assosiation (APA) ada banyak neutron dalam usus yang berfungsi untuk terus berkomunikasi dengan otak untuk menyampaikan stimulus, seperti rasa lapar di perut. Stress mempengaruhi komunikasi ini, yakni rasa sakit, kembung, dan ketidaknyamanan usus.

Gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh Stress, antara lain :

1. Usus

Di organ usus ini dihuni oleh jutaan bakteri yang mempengaruhi Kesehatan. Ini juga mempengaruhi kemampuan berpikir dan mempengaruhi emosi. Stress dikaitkan dengan perubahan bakteri usus yang mempengaruhi suasana hati. Saraf usus dan bakteri sangat mempengaruhi otak begitu juga sebaliknya.

Stress juga dapat mempengaruhi seberapa cepat makanan bergerak melalui tubuh yang dapat menyebabkan diare atau sembelit. Stress menyebabkan kejang otot di usus yang menyakitkan.

Stress juga mempengaruhi pencernaan dan nutrisi yang diserap usus. Produksi gas yang berhubungan dengan penyerapan nutrisi bisa meningkat.

Usus memiliki penghalang untuk memiliki tubuh dari bakteri yang berhubungan dengan makanan. Stress membuat pelindung usus melemah dan memungkinkan bakteri usus masuk ke dalam tubuh.

2. Esofagus

Saat stress, sebagian orang berkemungkinan makan lebih banyak atau sedikit dari biasanya. Stres atau kelelahan meningkatkan nyeri mulas secara teratur.

Ketegangan di kerongkongan walaupun jarang terjadi itu juga dipicu dari stress. Kondisi seperti ini menyebabkan seseorang susah menelan makanan. Kondisi lainnya udara yang ditelan lebih banyak dapat meningkatkan sendawa, gas, dan kembung.

3. Perut

Stress bisa mengakibatkan kembung, mual, dan ketidaknyamanan perut lainnya. Jika kondisi stress semakin parah, orang bisa mengalami muntah.

Mengutip dari Cleveland Clinic, stress mengakibatkan peningkatan atau penurunan nafsu makan yang tidak ideal. Diet tak sehat pun dapat memperburuk suasana hati seseorang. Saat stress, seseorang bisa saja mengalami maag. ***


Stress Berasal Dari Gangguan Pencernaan