Dilihat : 84 kali

ARAH BAIK - Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan reformasi Bappebti. Mulai dari memperbaiki sistem hingga tata aturan dan rencana mencari posisi baru kepala Bappebti dari kalangan generasi muda.

Bahkan Presiden Jokowi berpesan khusus untuk jabatan Kepala Bappebti yang kosong saat ini harus diisi oleh anak muda yang benar-benar menguasai teknologi. Fungsi pengawasan Bappebti saat ini memang membutuhkan kemampuan bidang yang terus berkembang tidak hanya perdagangan komoditi konvensional, tetapi ke depan ke dunia digital seperti kripto dan lainnya.

“Komitmen saya soal Bappebti ini karena menyangkut urusan orang banyak. Kami akan melakukan reformasi, memperbaiki sistem dan tata aturan. Besok kami akan rapat, sesuai tadi saran agar ada time limitnya, kita akan tentukan waktu reformasi menyeluruh,” kata Lutfi pada Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dengan Komisi VI DPR, di Gedung Parlemen, Selasa 7 Juni 2022.

Lutfi akan menunjuk ketua Bappebti baru dengan kualifikasi yang dapat berpacu dengan waktu dan kemajuan teknologi yang ada.

“Dimungkinkan untuk setara eselon I datang dari luar (kemendag) hasil konsultan dengan presiden maunya itu anak muda, paham teknologi dan akan berjalan, saya akan minta pak Irjen memimpin Bappebti karena kekosongan posisi ini,” kata Lutfi.

Sebelum respons diatas, Wakil Ketua Komisi VI DPR dari fraksi Nasdem Martin Y Manurung, mengatakan komisinya menyepakati terkait penguatan regulasi perdagangan digital Bappebti. Dimana dia meminta penyusunan regulasi itu dilakukan dalam 90 hari.

Selain itu, pihak Bappebti diminta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Lembaga terkait juga aparat hukum untuk melanjutkan proses permasalahan robot trading. Serta menjelaskan terkait dana masyarakat, dan progres pelaporan selambat-lambatnya 45 hari.

Wakil Ketua Komisi VI, Dari Fraksi Golkar M. Sarmuji mengatakan Bappebti tengah mendapatkan keluhan dari beberapa waktu terakhir. Sehingga ia bisa meminta wasit perdagangan berjangka ini harus dibenahi ulang.

Sementara Wakil Ketua Komisi VI Dari Fraksi PDIP Aria Bima menyoroti penyerapan anggaran yang minim pada Bappebti. Menurutnya hal ini dilihat dari performa yang dihasilkan. ***


Jokowi Buka Lowongan Kerja Bagi Generasi Milenial Yang Melek Teknologi