Dilihat : 71 kali

ARAH BAIK Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja harus menjadi prioritas ketika calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah. Untuk memilih jurusan kuliah tak bisa sembarangan, sebab ini menyangkut jenjang karir di masa depan.

Tak hanya memikirkan jurusan kuliah yang disenangi, namun juga bagaimana prospek pekerjaan yang tersedia untuk jurusan tersebut.

Dengan begitu sebelum memilih jurusan kuliah, seseorang dapat membayangkan akan menjadi apa ia kelak.

Lalu jurusan apa saja yang memiliki prospek kerja yang bagus? Berikut beberapa diantaranya : 

1. Ilmu komunikasi

Jurusan ini selain memiliki banyak peminat juga lapangan pekerjaannya terbuka lebar. Di jurusan kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang perkembangan teori komunikasi dari masa ke masa dan pengaplikasiannya.

Selain itu tentunya mahasiswa ilmu komunikasi juga mempelajari tentang pers, media massa, film, hubungan masyarakat, komunikasi antarlembaga, periklanan hingga manajemen komunikasi.

2. Teknik perminyakan dan pertambangan

Jurusan teknik perminyakan dan pertambangan menjadi jurusan yang paling banyak diincar di dunia kerja. Khususnya di Indonesia, sebab kampus yang memiliki jurusan ini cukup terbatas. Tak heran bila tiap tahun jurusan ini memiliki peminat yang selalu banyak.  

Umumnya mahasiswa lulusan teknik perminyakan dan pertambangan, akan diincar banyak perusahaan besar yang siap memberikan karir yang bagus dan tentu gaji yang besar. Sebab bekerja di perusahaan ini tidaklah mudah. 

3. Oseanografi

Walau cukup asing sebenarnya Oseanografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang bisa diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan pengelolaan serta pencegahan. 

Dengan Indonesia yang memiliki lebih dari 62% nya terdiri dari dari lautan, sehingga prospek kerja untuk lulusan oseanografi amat menjanjikan. 

Nantinya mahasiswa di jurusan ini, akan mempelajari ilmu tentang laut mulai dari arus sampai ke fenomena laut teraneh di dunia.

4. Astronomi

Astronomi yang mempelajari tentang benda-benda di langit menjadi salah satu jurusan dengan prospek kerja yang bagus dan terjamin. Di bidang astronomi sendiri Indonesia perlu mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lain, sehingga negara membutuhkan tenaga ahli astronomi yang hebat.

Peluang kerja untuk jurusan ini tak perlu diragukan, sebab ada banyak lembaga yang membutuhkan Astronom handal, contohnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).  

5. Kedokteran

Tak boleh ketinggalan, jurusan kedokteran masih menjadi jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja. Bukan tanpa sebab, penyakit dan virus selalu ada di tengah-tengah manusia sehingga kehadiran dokter amat diperlukan. 

Walaupun jurusan ini tak mudah, menjadi dokter akan memberikan kesempatan yang luas untuk memiliki penghasilan yang tinggi, atau dapat membuka klinik sendiri.

Itulah lima jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja.***


Ini Dia 5 Jurusan Kuliah Yang Banyak Diincar Di Dunia Kerja