Dilihat : 89 kali

ARAH BAIK - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan populer yang paling banyak digunakan untuk berbagi informasi yang bersifat rahasia maupun pribadi.

Karena itu, tidak jarang pelaku kejahatan dunia maya berusaha menyadap WhatsApp seseorang untuk tujuan tertentu. Misalnya, mencari tahu aktivitas pengguna sekaligus informasi berharga yang ada.

Modus kejahatan di WhatsApp yang kini sering terjadi adalah penyadapan akun lewat metode social engineering.

Sederhananya, peretas bakal login WhatsApp menggunakan nomor pengguna, kemudian mereka akan mengelabui pengguna lewat pesan agar mau mengirimkan OTP. Apabila pengguna mengikuti instruksi tersebut, akun WhatsApp miliknya akan diambil orang lain.

Ciri-ciri akun WhatsApp disadap orang lain :

  • Mengirim pesan tanpa sepengatahuan
  • Ada pesan WhatsApp tiba-tiba dibaca.
  • Profil akun WhasApp berubah dengan sendirinya.
  • Akun WhatsApp terlihat aktif di perangkat asing
  • Tiba-tiba logout.

Berikut caramengatasi WhatsApp yang disadap :

1. Instal ulang aplikasi WhatsApp

Apabila akun WhatsApp anda tiba-tiba logout dariperangkat, Anda bisa menginstal ulang aplikasinya. Caranya, hapus aplikasi WhatsApp terlebih dahulu, lalu download dan install ulang.

Ketika membuka WhatsApp, silahkan login dengan menggunakan nomor WhatsApp yang telah diretas tadi. Nanti Anda akan dimintai verifikasi akun dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor tersebut.

Jika sebelumnya kode OTP telah digunakan oleh peretas untuk login, kemungkinan Anda harus menunggu sekitar 12 jam dulu untuk mendapat kode OTP baru.

Selanjutnya, jika sudah memasukkan kode OTP dan berhasil login, maka akun dianggap telahpulih. Namun, jika gagal Anda bisa mencoba dengan cara lain.

2. Lapor ke WhatsApp melalui Email

Jika cara pertama belum berhasil, Anda bisa mencoba dengan melaporkan secara langsung melalui email ke alamat support@WhatsApp.com.

Dalam laporan kepada WhatsApp, Anda bisa menyampaikan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan kemungkinan bagaimana akun tersebut diretas.

Setelah itu, nanti tim WhatsApp akan melakukan investigasi terkait laporan Anda untuk mengidentifikasi pola peretasan.

Semakin cepat Anda melapor, maka semakin cepat pula proses pemulihan akun WhatsApp juga akan berjalan dengan cepat. ***


Begini Cara Mengatasi Whatsapp Disadap