Dilihat : 80 kali

ARAH BAIK - Fenomena healing populer di kalangan anak muda, setidaknya sejak satu tahun terakhir.

Istilah healing di kalangan anak muda berkaitan erat dengan bepergian ke tempat indah untuk melepas penat akibat pekerjaan, asmara, atau masalah keluarga.

Ketika kita mengetik  "tempat healing" di mesin pencari, maka yang akan muncul adalah deretan artikel soal tempat wisata yang dianggap cocok untuk healing.

Akhirnya banyak orang menilai bahwa healing adalah proses penyembuhan mental dengan cara berlibur.

Namun, apa benar dengan jalan-jalan ke tempat eksotis akan membuat kita terbebas dari masalah yang membuat stres? Atau itu hanya upaya mengalihkan perhatian dari berbagai masalah yang dihadapi?

Healing dengan cara berlibur tidak salah untuk dilakukan. Namun, penting juga untuk mencari tahu akar persoalan yang dihadapi agar masalah terurai.

Melatih untuk memahami diri atau introspeksi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui akar masalah yang dihadapi. Kegiatan ini bisa dilakukan lewat meditasi.

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah journaling atau membuat jurnal harian. Kegiatan ini bisa membantu seseorang untuk mengekspresikan atau mencurahkan apa yang tengah dirasakan.

Journaling tidak harus selalu dilakukan dengan cara menulis. Cara lain seperti melukis atau menggambar juga bisa diterapkan.

Journaling dapat membantu seseorang melihat masalah yang dihadapinya dengan jernih. Ia akan lebih mudah untuk mengetahui penyebab masalah tersebut sehingga tahu bagaimana cara menyelesaikannya.***


Journaling Salah Satu Cara Untuk Healing