Dilihat : 125 kali

ARAH BAIK – Pengamat Energi Alpha Research Database, Ferdy Hasiman mendukung jika kebijakan pembatasan pembelian Pertalite diberlakukan.

Menurutnya, pembatasan ini dapat mengurangi kerugian Pertamina, dia juga berharap agar peraturan ini benar-benar diberlakukan, bukan hanya sekedar peraturan di atas kertas saja.

“Karena banyak sekali peraturan mengenai pendistribusian BBM subsidi tapi nyatanya di lapangan banyak kecurangan-kecurangan,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, reformasi penyaluran subsidi ini memang harus dilakukan meski berpotensi mengalami kenaikan harga barang jika penyalurannnya tidak tepat sasaran.

Menurutnya, bagi masyarakat, aturan ini akan berdampak kepada mereka yang menikmati subsidi tidak tepat sasaran. Hal ini sedikit banyak akan berdampak terhadap pengeluaran dan daya beli bagi masyarakat.

“ketika subsidi tepat sasaran, potensi kenaikan harga barang akan terjadi karena ada kenaikan biaya produksi bagi perusahaan yang selama ini seharusnya tidak menggunakan barang subsidi tetapi menggunakan barang subsidi,” ujar Mamit.

Itulah risiko yang harus dihadapi karena perusahaan tidak berhak menggunakan BBM subsidi memang harus mematuhi peraturan itu. Di satu sisi, subsidi yang berbasis barang harus diubah menjadi subsidi berbasis orang yang tidak memberatkan APBN. ***


Tidak Tepat Sasaran Pembelian Pertalite Akan Dibatasi