Dilihat : 158 kali

ARAH BAIK - Pada bulan Juni 2022 Bantuan Sosial (Bansos) akan segera cair. Mulai dari Kartu Prakerja sampai Bansos Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako.

Pencairan Bansos ini sudah ditambahkan ke dalam anggaran bantuan sosial. Menteri Keuangan, Sri Mulyani menambahkan anggaran perlindungan sosial pada 2022 sebesar Rp 18,6 triliun.

Sri Mulyani telah merincikan seluruh anggaran perlindungan sosial tersebut dimanfaatkan antara lain untuk Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp 28,7 triliun, program sembako senilai Rp 45,1 triliun, dan program kartup rakerja sebesar Rp11 triliun.

Berikut rinciannya 8 Bansos yang akan cair di bulan ini :

1. BSU atau BLT Gaji

Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT gaji sebesar Rp 1 Juta akan diberikan kepada 8,8 juta pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

“Saat ini Kemnaker tengah mempersiapkan instrument kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akun tabel,” kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

2. BLT Minyak Goreng

BLT minyak goreng akan kembali disalurkan pemerintah dan dicairkan dalam bentuk uang tunai. Bantuan ini untuk membantu masyarakat meringankan beban di tengah tingginya harga minyak goreng.

Untuk target penerimanya dibagi menjadi 2 kelompok. Pertama kelompok yang termasuk dalam daftar BNPT dan PKH. Kelompok ini tanggung jawab Kementerian Sosial, dengan anggaran senilai Rp 6,2 triliun untuk 20,65 juta orang.

3. BLT UMKM

BLT untuk UMKM masih terus berlanjut di tahun 2022. Pemerintah akan mencairkan BLT UMKM sebesar Rp 600 ribu kepada 12,8 juta pelaku UMKM di Indonesia.

4. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa akan diberikan kepada keluarga miskin dan tidak mampu di desa dengan besaran bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu/Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan.

5. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung

Pemerintah juga meluncurkan bantuan tunai pangan bagi Pedagang Kaki Lima dan Warung (PKLW). Besaran BT-PKLW adalah Rp 600 ribu per orang untuk 2,76 juta penerima yaitu untuk 1 juta PKLW dan 1,76 juta nelayan.

5. Bansos PKH

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) yang menyasar ibu hamil akan cair pada bulan Juni 2022. Ibu hamil yang sedang mengandung atau hamil dapat menerima bansos ibu hamil sebesar Rp 3 juta.

Kemensos mengumumkan penyaluran bansos PKH dilakukan pada bulan April hingga Juni 2022 bebarengan dengan BLT minyak goreng dan sembako.

7. Bantuan Modal Usaha

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan modal usaha sebesar Rp 1,2 juta kepada para pedagang. Jokowi menjelaskan di tengah penyebaran virus Covid-19 mulai melandai, pedagang memerlukan tambahan modal untuk kembali menggerakkan usahanya.

8. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah untuk pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan kepada pencari kerja, buruh/karyawan yang terkena PHK, maupun buruh/karyawan yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 31 resmi dibuka pada Minggu, 29 Mei 2022 lalu. Informasi ini diumumkan oleh akun resmi Instagram @prakerja.go.id.  Pada tahun ini, anggaran program Kartu Prakerja mencapai Rp 11 triliun.***


8 Bansos Bulan Juni Akan Segera Cair Cek Disini