Dilihat : 81 kali

ARAH BAIK - Harga gula pasir diperkirakan akan naik ke US$560 per ton. Menyusul semakin ketatnya pasokan di pasar global.

Chart tradingeconomics menunjukkan, harga gula mentah di pasar internasional saat ini nik 19,61 sen dolar AS per pon. Data tersebut adalah harga saat sesi perdagangan hari Jumat, 27 Mei 2022.

Analisis tradingeconomics memproyeksikan harga gula mentah akan naik ke kisaran 20,02 sen dolar AS per pon hingga akhir kuartal ini dan diprediksi naik ke 21,22 sen dolar AS dalam 12 bulan mendatang.

Ketua umum Ikatan Ahli (Ikagi) Aris Toharisman memproyeksikan serupa.

“Harga gula mentah kemungkinan akan naik kisaran20 sen dolar AS per pon. Sementara harga white sugar di pasar internasional akan naik dari saat ini sekitar US$550 per ton,” kata Aris.

Aris juga mengtakan bahwa pasokan gula global akan semakin ketat karena konversi tebu menjadi etanol oleh berbagai negara produsen gula, seperti Brasil dan India. Yang mendongkrak harga di pasar internasional.

“Harga gula di dalam negeri akan naik. Tapi akan tertahan (karena ada harga acuan yang ditetapkan Kementerian Perdagangan).Harga akan naik ke Rp 14.000-an per kilogram di tingkat konsumen,” kata Aris.

Menurutnya, harga acuan Rp 13.500 per kg di tingkat konsumen akan mampu menahan laju lonjakan di dalam negeri sehingga tidak melonjak tinggi.

“Kalaupun ada yang sampai Rp 16.000 per kg itu hanya di lokasi tertentu. Karena jauhnya jarak distribusi,” kata Aris.

“Stok kita juga akan bertambah karena realisasi impor dari hasil kuota tahun lalu. Kemudian sudah akan panen. Di petani harga akan naik kemungkinan ke Rp 12.000- 12.500 per kg nya, pungkasnya.***


Harga Gula Menyusul Harga Minyak Goreng Melejit Naik