Dilihat : 85 kali

ARAH BAIK – Ngalub merupakan istilah yang berkembang di masyarakat khususnya di Jawa Timur, yang menurut masyarakat Jawa Timur memiliki arti membicarakan/merencanakan sesuatu yang belum tentu terjadi dan khawatir akan terjadi sungguhan.

Untuk orang modern “ngalub” ini dianggap tak lebih dari takhayul (superstition). Secara ilmiah tidak dapat dibuktikan bahwa ngalub benar-benar mendatangkan musibah kematian bagi yang mengucapkannya. Yang merupakan kearifan lokal dari nenek moyang kita.

Dan yang menjadi perhatian adalah ada dua podcast Denny Sumargo yang membuat merinding, karena ternyata “ngalub” itu mandi (artinya bertuah benar-benar mendatangkan kematian).

Podcast pertama adalah obrolannya dengan Bibi dan Vannessa Angel seperti biasa Denny mengajukan pertanyaan khasnya yaitu “bagaimana perasaan kalian jika ditinggal oleh pasangan hidup”.

Mendengar pertanyaan tersebut Bibi dengan riang menjawab “saya malah diramal akan mati setelah mencapai puncak sukses”. Mendegar hal itu Vanessa langsung menukas suaminya agar tidak bicara seperti itu.

“Bagimana dengan anak kita?” tegur Vanessa.

“Kan sudah ada asuransinya,” jawab Bibi sambil cengengesan.

Ngalub dalam obrolan mereka pun menjadi kenyataan. Bibi dan Vanessa meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Jawa Timur.

Podcast Denny Sumargo yang kedua yaitu obrolannya bersama Ridwan Kamil. Densu mengajukan pertanyaan yang seperti biasa “jika diminta untuk memilih antara istri dan anak, mana yang akan dipilih?” setelah berpikir sejenak, Ridwan Kamil menjawab: “saya memilih istri saya. Karena anak itu titipan Tuhan yang diberikan kepada kita. Diusianya nanti anak-anak akan berpisah dari kita, untuk menjemput takdirnya sendiri”.

Dan ternyata ngalub itu benar-benar menjadi kenyataan. Seperti yang kita ketahui putra kesayangannya Emmeril Khan Mumtadz hilang sewaktu berenang di sungai Aare, Swiss.***


Ngalub Jawaban Ridwan Kamil Di Podcast Denny Sumargo Jadi Kenyataan