Dilihat : 120 kali

ARAH BAIK - Dalam menu sehat dikenal istilah “empat sehat lima sempurna”. Penyempurna ini adalah susu.

Istilah ini tidak berlebihan karena minuman putih bersih ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dibandingkan minuman lainnya sehingga susu memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat tulang dan gigi karena kandungan kalsium yang dimilikinya. Tetapi, sebenarnya ada banyak kandungan nutrisi yang ada, misalnya fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino, dan asam pantotenat. Tentu kandungan nutrisi ini bermanfaar untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa makanan yang menawarkan lebih banyak kalsium daripada segelas susu, seperti dilansir dari laman Times of India :

1. Tahu

Tahu dikenal sebagai salah satu makanan sumber protein nabati.  Selain protein, tahu juga kaya akan kalsium dan zat besi yang baik, juga tahu juga bebas gluten, bebas kolesterol, dan rendah kalori. Hanya 200 gram tahu menawarkan 700 miligram kalsium. 

2. Almond

Anda dapat memiliki almond mentah atau dalam bentuk direndam. Satu cangkir almond akan memberi Anda lebih dari 300 mg kalsium. Bahkan dapat dikonsumsi dalam bentuk susu almond, mentega almond atau menambahkannya ke dalam makanan penutup lainnya.

3. Yogurt

Secangkir yogurt polos akan menawarkan antara 300-350 mg kalsium. Yogurt dapat dikonsumsi setiap hari saat sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam. Yoghurt yang ditaburi dengan buah-buahan segar dan kacang-kacangan adalah sarapan yang sehat dan camilan yang lezat.

4. Biji wijen

Anda bisa mendapatkan 350 miligram kalsium hanya dengan 4 sendok makan biji wijen. Hiasi salad Anda dengan biji wijen atau gunakan dalam persiapan masakan Cina. 

5. Biji Chia

Empat sendok makan biji chia menambahkan hingga sekitar 350 miligram kalsium. Cara termudah untuk mengkonsumsi biji chia adalah dengan mencampurkannya ke dalam segelas air, biarkan terendam selama satu jam dan kemudian minum air biji chia ini. Biji chia yang direndam juga bisa ditambahkan ke smoothie, shake, dan puding.

Itulah lima makanan yang mengandung sumber kalsium selain susu.***


Tak Hanya Susu Ini Dia 5 Makanan Sumber Kalsium Lainnya