Dilihat : 281 kali

ARAH BAIK - Para pelaku usaha mikro di Indonesia wajib tahu bagaimana caranya mendapatkan BLT UMKM dari pemerintah secara online.

Para pelaku usaha tentu sangat terbantu dengan adanya program bantuan ini, apalagi di tengah pandemi seperti ini yang tentu saja banyak dari mereka terkena dampaknya.

Dari pemerintah sendiri juga mengadakan program BLT UMKM ini dengan maksud agar perekonomian para pelaku usaha UMKM membaik dan pastinya terus berkembang dari sebelumnya.

Nah, untuk mendapatkan BLT UMKM ini sangat mudah bagi yang berhak. Bahkan dalam mengurusnya pun juga bisa dilakukan secara online. Seperti berikut ini :

1. Memenuhi Syarat Penerima BLT UMKM

Syarat sebagai penerima BLT UMKM yaitu Warga Negara Indonesia, memiliki E-KTP. Dan tentunya mempunyai usaha mikro yang sebelumnya telah memiliki usulan dari pihak dan dinas tertentu.

Selain itu, para pelaku usaha juga tidak sedang dalam proses pengangsuran KUR ataupun pinjaman yang lain.

Pelaku usaha ini juga tidak boleh memiliki afiliasi dengan ASN/PNS, TNI/Polri, maupun BUMN dan BUMD.

2. Mendaftarkan UMKM Secara Online

Pendaftaran UMKM bisa dilakukan secara online melalui website https://oss.go.id/ para pelaku usaha UMKM tinggal mengikuti panduan yang telah ada pada laman tersebut.

3. Mendaftarkan Izin Usaha Secara Online

Pendaftaran izin juga bisa dilakukan secara Online. Cara ini juga serimgkali diabaikan oleh para pelaku usaha.

Akan tetapi, data yang dibutuhkan bagi usaha yang masih berskala kecil juga tidak terlalu banyak. Misalnya ia hanya dimintai izin lokasiusaha dan bidang usaha yang diperlukan.

Apabila izin usaha telah terdaftar, tentu semakin mempermudah proses diterimanya BLT UMKM.

4. Mendapatkan Rekomendasi dari Pengusul Tertentu

Para pelaku usaha UMKM juga wajib memiliki rekomendasi dari suatu lembaga tertentu.

Contohnya Dinas Sosial atau Dinas tingkat provinsi yang mengurus koperasi dan UMKM, koperasi yang memiliki badan hukum dan pihak bank yang pembiayaannya diawasi oleh OJK.

5. Mengecek Penerimaan Bantuan dari Eform BRI

Dalam proses pencairan dana BLT UMKM, pemerintah telah bekerjasama dengan Bank BRI yang mana Bank BRI ini sebagai Bank penyalur.

Bagi para pelaku usaha UMKM yang telah mendaftar dan telah memenuhi beberapa kriteria sebagai penerima BLT UMKM, bisa mengecek langsung lewat eform BRI (https://eform.bri.co.id/).

Itulah beberapa syarat guna mendapatkan BLT UMKM dari pemerintah secara mudah.***


Begini Cara Mudah Mendapatkan Blt Umkm Dari Pemerintah