Dilihat : 98 kali

ARAH BAIK – Negara-negara di Eropa saat ini dibuat khawatir terhadap munculnya virus baru yaitu monkeypox atau cacar monyet.

Virus cacar monyet ini mengganas dan sudah menyerang 11 negara di Eropa pada bulan Mei 2022 ini.

Terkait hal itu, World Helath Organization (WHO) merilis beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet ini.

Virus cacar monyet yang menyerang kulit dapat dicegah dengan cara membatasi kontak dengan orang yang terindikasi penyakit tersebut.

WHO menyebut ada lima cara untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet yaitu sebagai berikut :

1. Jika melakukankontak fisik dengan orang yang menderita cacar monyet, maka pihak yang menyentuh diminta untuk mengisolasi diri dan menutupi setiap lesi (luka) kulit mereka.

2. Dorong mereka untuk menutup ruam dengan pakaian yang dikenakan. Ketika secara fisik harus dekat dengan penderita, mereka harus memakai masker medis, terutama jika batuk atau memiliki luka di mulutnya.

3. Hindari kontak kulit ke kulit bila memungkinkan dan gunakan sarung tangan sekali pakai jika Anda memiliki kontak langsung dengan lesi.

4. Kenakan masker saat menangani pakaian atau tempat tidur apa pun jika orang tersebut tidak dapat melakukannya sendiri.

5. Bersihkan tangan secara teratur dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol, terutama setelah kontak dengan orang yang terinfeksi.

6. Gunakan alat makan yang berbeda dan cuci peralatan makan dengan air hangat menggunakan sabun.

7. Cuci pakaian, handuk, dan sprei dengan air hangat menggunakan deterjen serta disinfektan permukaan yang terkontaminasi dan buang limbah yang sudah terkontaminasi dengan tepat.

Meskipun virus cacar ini belum ditemukan di Indonesia, alangkah baiknya kita selalu waspada dan mencegah penyebarannya dengan mengikuti saran dari WHO tersebut.***


Who Rilis 7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Cacar Monyet Yang Mengganas Di Eropa