Dilihat : 344 kali

ARAH BAIK - Pemerintah terus mengupayakan perkembangan UMKM dengan berbagai cara, salah satunya ialah dengan BLT (Bantuan Langsung Tunai) terhadap para pelaku usaha UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Pemerintah juga memberikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada para pelaku usaha mikro yang sebelumnya tidak pernah tersentuh oleh kredit perbankan atau bankable.

Cara mendaftar BLT bisa dilakukan secara online maupun offline.

Untuk pendaftaran secara online, Anda dapat langsung mengajukan pada Dinas Koperasi dan UKM setempat di tingkat Kabupaten atau Kota.

Kini, beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) sudah ada yang memberlakukan daftar UMKM online.

Akan tetapi, ini tidak berlaku ke semua Dinas, karena beberapa daerah juga ada yang mewajibkan pelaku usaha datang langsung untuk menyerahkan berkas mereka.

Pada tahap selanjutnya, dinas tersebut akan menyampaikan kepada dinas di tingkat provinsi yang kemudian akan dilanjutkan ke Kemenkop dan UKM Deputi Bidang Usaha Mikro.

Ada beberapa dokumen sebagai persyaratan yang harus Anda lengkapi sebelum melakukan pendaftaran, seperti :

1. Nomor Induk Kependudukan (NIK);

2. Nomor Kartu keluarga (KK);

3. Nama Lengkap;

4. Alamat Tempat Tinggal;

5. Bidang Usaha;

6. Nomor Telepon;

Dinas Koperasi dan UMKM akan mulai melakukan pembersihan data calon penerima BLT UMKM 2021, pembersihan data tersebut dilakukan lewat verifikasi identitas kependudukan serta pengecekan dokumen yang mana sebagai syarat dalam penerimaan BLT UMKM.

Jika semua persyaratan telah dipenuhi, maka pengajuan BLT UMKM dapat dilakukan lewat Dinas Koperasi dan UMKM yang sesuai dengan domisili pendaftar.

Apabila Anda ingin mendaftar secara online, bisa melalui link berikut https://oss.go.id, ada berbagai macam cara yang dapat Anda perbuat, yaitu :

1. Membuat Permohonan Perizinan Berusaha Perseorangan (Skala Mikro dan Kecil), caranya :

Buka laman link daftar online UMKM 2021 di https://oss.go.id/portal/informasi/content/panduan_mikro_kecil. Login di OSS v1.1 melalui (https://oss.go.id) dengan menggunakan akun yang telah terdaftar.

Kemudian klik tombol Perizinan Berusaha, klik Perseorangan lanjut pilih untuk skala usaha Mikro klik tombol Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro. Untuk skala usaha kecil, klik tombol Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil.

2. Masuk ke proses pembuatan NIB dan izin usaha, dengan cara sebagai berikut :

- Pada formulir Data Profil, Anda harus melengkapi data/informasi yang masih kosong, lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

- Pada formulir Data Usaha, klik tombol Tambah Usaha

- Lengkapi data-data sesuai dengan formulir data usaha tersebut

- Klik tombol Simpan. Kemudian klik tombol Selanjutnya.

- Bila Anda memiliki lebih dari satu usaha, sebelum meng-klik tombol.

- Selanjutnya, silakan Anda menambahkan usaha tersebut dengan kembali meng-klik tombol Tambah Usaha dan prosesnya sama seperti butir 4 tersebut bila telah selesai klik tombol Selanjutnya.

- Pada formulir Komitmen Prasarana Usaha, khusus untuk skala kecil Anda dapat mengajukan permohonan Izin Lokasi dan Izin Lingkungan (bila dipersyaratkan)

- Klik tombol Selanjutnya.

- Pada tampilan Draft NIB dan Izin Usaha, Anda dapat melihat rangkuman data NIB dan Izin Usaha yang telah diisi dan dapat melakukan preview draft NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan dan Izin Usaha

- Beri tanda centang pada kotak disclaimer

- Klik tombol Proses NIB.

- Pada tampilan Output NIB dan Izin Usaha, Anda dapat melihat cetakan NIB, Izin Lokasi, Izin Lingkungan, dan Izin Usaha. Anda juga dapat mencetak Izin Usaha dalam format QR yang berisi data lebih detail melalui tombol Preview Izin Usaha QR.

3. Izin komersial atau operasional, caranya :

- Memilih menu Permohonan -> IUMK -> Izin Komersial/Operasional.

- Arahkan kursor Anda dan klik ke nomor NIB/Nama Kegiatan Usaha Anda

- Klik tombol Pilih NIB.

- Kemudian akan muncul daftar kegiatan usaha Anda Klik tombol Pilih Kegiatan Usaha.

- Pada tampilan formulir Izin Komersial/Operasional, Anda dapat memilih Izin Komersial/Operasional yang Anda perlukan sesuai dengan kegiatan usaha Anda dan lengkapi data yang diperlukan.

- Klik tombol Lanjut dan Simpan.

- Pada tampilan Draft Izin Komersial/Operasional, klik tombol Preview Izin untuk melihat tampilan draft Izin Komersial/Operasional yang telah Anda pilih.

- Klik tombol Lanjut dan Simpan.

Itu dia informasi tata cara bagaimana mendaftar UMKM Online lewat HP. Semoga bermanfaat.***


Pengen Dapat Subsidi Dari Pemerintah Daftar Umkm Anda Secara Online Di Ossgoid Hanya Lewat Hp