Dilihat : 188 kali

ARAH BAIK - Mudik Lebaran menjadi tradisi yang pasti memberi pengalaman dan kenangan tersendiri dalam setiap orang yang melakukannya. Biasanya, para perantau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idulfitri bersama keluarga. 

Mudik dengan transportasi menjadi pilihan banyak pemudik. Salah satu alasannya karena pemudik tidak perlu lelah mengendarai kendaraan sendiri. Pemudik hanya perlu duduk manis dan menunggu sampai di kota tujuan. Meski begitu, mudik menggunakan transportasi umum tetap membutuhkan persiapan yang matang.

Pasalnya, ketika menggunakan transportasi umum, pemudik akan bersama orang lain yang tak dikenal. Hal ini mengharuskan pemudik untuk lebih waspada dalam menjaga diri dan barang bawaan.

Lantas, apa saja yang perlu dipersiapkan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips aman mudik menggunakan transportasi umum yang perlu diketahui:

1. Menghitung budget

Setelah tahu berapa harga tiket mudik, hitung anggaran dan berbagai kebutuhan selama perjalanan dan di kampung halaman. Atur dengan bijak dan sesuai kemampuan sehingga tidak menjadi beban di kemudian hari.

2. Mencari informasi tiket

Sebaiknya cari informasi harga tiket untuk pulang ke kampung halaman. Umumnya, harga tiket selama periode mudik akan berbeda dari hari biasanya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika dapat memanfaatkan berbagai promosi supaya lebih hemat.

Untuk keamanan dan kenyaman, sebaiknya memesan tiket perjalanan secara daring. Perhatikan juga apabila ada program khusus mudik yang menguntungkan, misalkan mendapatkan diskon jika membeli tiket pergi pulang sekaligus.

3. Perhatikan barang bawaan

Pada saat mudik, tempat keberangkatan seperti bandara, terminal, dan stasiun pastinya akan sangat ramai. Demi keamanan diri, jangan membawa barang berlebihan dan mengenakan perhiasan yang mencolok. Pastikan untuk membawa kartu identitas, perlengkapan kesehatan, dan bekal apabila akan sahur atau buka puasa di perjalanan.

Jangan lupa, jika membawa kardus, beri label nama atau tulis dengan spidol agar tak tertinggal atau tertukar dengan penumpang lain.

4. Memenuhi syarat perjalanan

Pemerintah menetapkan berbagai syarat perjalanan mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19. Perhatikan apa saja ketentuannya dan jangan sampai ada dokumen penting yang tertinggal. Pastikan juga tubuh dalam kondisi fit selama perjalanan mudik.

5. Bawa uang tunai secukupnya

Tak perlu membawa uang dalam jumlah besar. Perhitungkan uang yang dibawa dengan pertimbangan kemungkinan apa saja yang akan dibeli selama perjalanan, termasuk kebutuhan uang kecil untuk ke toilet. 

Jika mendadak punya kebutuhan dengan nilai cukup besar, cukup tarik uang tunai dari ATM terdekat. Pastikan tidak menyimpan uang dalam satu tempat. 

6. Jaga diri

Yang terpenting saat mudik dengan transportasi umum adalah waspada dan tetap menjaga diri. Hati-hati dengan orang yang baru dikenal. Tak perlu tergiur dengan pemberian orang yang baru dikenal seperti makanan atau minuman. Cukup bawa perbekalan sendiri yang dapat dinikmati kapan pun.

Itulah tips aman mudik menggunakan transportasi umum.***


Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Dengan Transportasi Umum