Dilihat : 172 kali

ARAH BAIK – Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari, kurang dari 5 hari lagi  umat Islam akan merayakan Lebaran 2022.

Beberapa masyarakat melakukan tradisi pulang kampung atau mudik lebaran.

Saat mudik lebaran biasanya arus kendaraan akan semakin tinggi yang menyebabkan kemacetan di beberapa ruas jalur mudik.

Perjalanan mudik pun akan terhambat ketika jalur mengalami kepadatan lalu lintas, untuk menghindari macet, pemudik yang menggunakan moda transportasi darat mengendarai kendaraan pribadi atau umum sebaiknya memiliki aplikasi pemantau lalu lintas.

Aplikasi pemantau lalu lintas saat mudik lebaran 2022 sangat penting, mengingat aktivitas mudik tahun ini yang diprediksi akan melonjak drastis. Aplikasi pemantau jalur cukup banyak yang sudah beroperasi di Indonesia.

Aplikasi-aplikasi ini melaporkan secara real-time aktivitas lalu lintas, mulai dari rute jalan yang lancar bebas hambatan, kondisi cuaca, kondisi lalu lintas terkini atau lokasi pemberhentian untuk beristirahat.

Berikut 5 aplikasi penting pemantau jalur mudik di Lebaran 2022 :

1. NTMC Mudik

NTMC Mudik dikembangkan Korlantas Mabes Polri guna mempermudah pemudik dalam perjalanan mudik lebaran.

Di dalam aplikasi ini, terdapat sejumlah informasi yang dapat diakses seperti rute jalan, peta mudik, informasi publik, Jasa Marga hingga Jasa Raharja.

Fitur informasi publik itu berisi nomor telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi, jalur rawan macet dan kecelakaan serta longsor hingga rumah makan.
Video Player is loading.

2. Google Maps

Google Maps biasannya sudah tersedia dan menjadi aplikasi bawaan ponsel. Aplikasi ini memberikan informasi secara real time kepada pengemudi.

Selain mendapatkan informasi kemacetan jalan dan rute perjalanan, fitur di Google Maps juga memberikan pilihan kepada penggguna untuk memilih jalan sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Misalnya, kendaraan pribadi motor atau mobil serta kendaraan umum.

3. Waze

Waze merupakan aplikasi rute jalan populer yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di Play Store. Aplikasi ini menyediakan banyak informasi yang pastinya bermanfaat untuk Anda.

Mulai dari informasi rute jalan dan opsi jalur potong sampai informasi terkait titik kemacetan di jalur yang Anda pilih. Aplikasi ini juga bisa memberitahu penyebab kemacetan yang dilaporkan pengguna jalan lain.

Selain itu, Anda juga bisa turut berkontribusi dengan memberikan informasi yang Anda temui selama perjalanan. Pemudik juga bakal dimanjakan dengan fitur Open Music yang berisi kumpulan lagu dan podcast saat mengalami kemacetan.

4. Info BMKG

Informasi cuaca juga menjadi salah satu hal penting yang harus Anda ketahui selama perjalanan mudik di Lebaran 2022. Sebab itu, aplikasi cuaca Info BMKG juga menjadi hal penting yang harus ada di ponsel Anda.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengembangkan aplikasi yang memiliki sejumlah fitur seperti prakiraan cuaca, gempa bumi, peta iklim, kualitas udara, cuaca jalur mudik, peringatan dini cuaca hingga siaran pers BMKG.

Khusus fitur cuaca jalur mudik, BMKG menyediakan informasi terkait prakiraan cuaca yang terjadi di daerah-daerah yang dilewati pemudik disertai dengan trafik lalu lintas.

5. JasamargaLive

Aplikasi yang dibuat PT Jasamarga (Persero) ini menyediakan sejumlah fitur yaitu streaming CCTV, informasi lalu lintas, dan peta kemacetan.

Pada fitur streaming CCTV, pemudik dapat melihat kondisi jalan secara langsung sehingga memudahkan untuk menentukan jalan yang ingin dilewati.

Pemudik dapat memilih sejumlah ruas jalan tol seperti tol Belmera, Cipularang, Dalam Kota Jakarta, dan Jagorawi.

6. RTTMC

RTTMC adalah singkatan dari Road Transport and Traffic Management Center atau Pusat Manajemen Lalu Lintas dan Transportasi Darat milik Kementerian Perhubungan.

Aplikasi ini merupakan versi mobile dari web https://rttms.dephub.go.id yang berisi informasi seputar lalu lintas, khususnya jalan nasional yang menjadi kewenangan dirjen hubdat, Kementerian Perhubungan.

RTTMC ini dilengkapi dengan fitur streaming CCTV (live streaming) dari berbagai wilayah, informasi berita lalu-lintas, nomor penting, dan lain-lain. Informasi ini dapat membuat perjalanan mudik Lebaran 2022 Anda jadi lebih nyaman.

Itulah aplikasi untuk membantu para pemudik saat melakukan perjalanan mudik lebaran.***


Ingin Mudik Lancar Manfaatkan 6 Aplikasi Pemantau Macet Saat Mudik Lebaran 2022