Dilihat : 210 kali

ARAH BAIK - Selama  mudik lebaran, mungkin perjalanan Anda akan macet karena kepadatan dan banyaknya jumlah kendaraan di jalanan selalu meningkat berkali lipat pada masa mudik.

Kementerian Perhubungan memprediksi ada 17 juta sepeda motor dan sebanyak 23 juta mobil yang digunakan untuk mudik tahun ini. 

Kementerian juga memperkirakan beberapa titik kemacetan yang mungkin akan terjadi, khususnya di ruas jalan tol Trans Jawa dan Pelabuhan Merak.                             

Padahal, terjebak macet selalu menimbulkan kebosanan, kelelahan, bahkan menyebabkan stres.

Lalu, apa yang bisa dilakukan pada saat macet? Berikut adalah aktivitas yang dapat dilakukan untuk menghibur diri saat perjalanan macet : 

1. Mengobrol

Bila melakukan perjalanan dengan keluarga, maka dapat memulai pembicaraan yang ringan dan menyenangkan di dalam mobil. Mungkin dengan beberapa memori tentang masa mudik di tahun-tahun sebelumnya. 

Atau, Anda bisa menghubungi teman dan kerabat melalui telepon. Ini bisa jadi alternatif untuk memberikan update perjalanan pada keluarga di kampung halaman. 

2. Mendengar Musik

Mobil hari ini dilengkapi dengan perangkat pemutar musik yang canggih, bahkan bisa terhubung melalui internet maupun telepon seluler. 

Mendengar musik favorit bisa jadi pilihan terbaik kala terjebak macet. Laman Healthline menyatakan stres dalam mengemudi telah menjadi faktor risiko penyakit jantung dan serangan jantung. 

3. Membaca

Membawa buku yang belum selesai dibaca mungkin jadi solusi terbaik. Apalagi ketika mudik lebaran, kejenuhan akibat macet panjang bisa diatasi dengan membaca. Mulai dari novel, komik, majalah, tabloid, atau bahkan cerita yang bisa diakses melalui internet. 

4. Bikin Video

Maraknya sosial media kini, memberi wadah kreatif bagi semua orang. Platform seperti Instagram, YouTube, dan Tiktok bisa jadi solusi di kala macet. Membuat video klip sederhana dan membagikannya, mungkin akan bermanfaat untuk orang lain juga. Seperti informasi kemacetan yang tengah dialami. 

5. Main Game

Permainan kini hadir di ponsel pintar. Beragam pilihannya dan bisa dimainkan secara online juga dengan banyak orang. Tapi bila jaringan internet jadi penghalang, permainan tradisional yang mudah bisa dilakukan di dalam mobil bersama teman, saudara, ataupun penumpang lainnya. 

6. Makan Cemilan

Melansir laman driving-test.org, saat terjadi kemacetan, menikmati makanan ringan seperti bar coklat, atau minuman, dan makanan sehat akan berguna untuk menjaga energi dan semangat. Tentu saja ini perlu untuk mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. 

Namun hal paling penting untuk tetap berkendara secara hati-hati dan waspada selama mudik lebaran tahun ini, disamping kegiatan menghibur diri karena macet itu.***


6 Aktivitas Untuk Menghibur Diri Saat Macet Mudik