Dilihat : 198 kali

ARAH BAIK – Republik Islam Iran menyerukan kepada negara-negara Muslim untuk menolak normalisasi hubungan dengan Zionis Israel.

Iran berpendapat normaliasasi hubungan antara beberapa negara Arab dengan rezim apartheid Israel adalah pendekatan yang keliru.                       

Kedubes Iran untuk Indonesia mengatakan pendekatan keliru tersebut telah membuat negara-negara Arab mengabaikan hak-hak rakyat Palestina.

“Pendekatan keliru ini membuat mereka mengabaikan pihak-pihak pembela hak bangsa Palestina dan jatuh ke dalam perangkap yang disiapkan oleh AS dan rezim Zionis yang tujuan utamanya hanya memecah belah bangsa Islam dan melanjutkan hegemoni,” tulis pernyataan Kedubes Iran di Jakarta, Selasa 26 April 2022.

Iran menyerukan kepada negara-negara yang telah melakukan normalisasi hubungan dengan Israel agar meninjau kembali langkah itu sebab adanya berbagai gerakan resistensi dan perlawanan rakyat Palestina.

Iran mengajak negara-negara Muslim untuk menganggap Israel tidak pernah ada di dunia ini dan memberikan hak menentukan nasib sendiri kepada rakyat Palestina.

Sebenarnya ajakan tersebut telah dikomunikasikan ke Sekjen PBB yang mencakup beberapa hal sebagai berikut :

Pertama, seluruh pengungsi Palestina memiliki hak untuk kembali ke tanah air mereka.

Kedua, seluruh masyarakat Palestina, penganut agama apa pun (Islam, Kristen, Yahudi) harus menentukan nasib, masa depan dan sistem politik negara mereka melalui proses referendum yang adil dan demokratis.

Ketiga, berdirinya sistem politik pilihan mayoritas rakyat Palestina.

Keempat, sistem politik pilihan mayoritas Palestina akan memutuskan tentang nasib pihak-pihak pendatang ke wilayah Palestina.

Kedubes Iran mengatakan tindakan pendudukan Israel di tanah Palestina adalah langkah ilegal yang bertentangan dengan peraturan internasional.

“Langkah normalisasi hubungan dengan Israel menjadi bentuk penerimaan pendudukan. Padahal, dalam hal ini (pendudukan) bertentangan dengan hukum internasional serta berlawanan dengan undang-undang dasar dari berbagai negara,” ujar Kedubes Iran.

Republik Islam Iran mengajak seluruh negar di dunia khususnya negara-negara Muslim untuk melakukan upaya yang diperlukan guna mendukung penuh resistensi dan perjuangan rakyat Palestina.

“Republik Islam Iran mengajak seluruh dunia khususnya negara-negara Muslim untuk menolak berbagai prakarsa palsu antara lain Kesepakatan Abad maupun normalisasi hubungan dengan rezim Zonis serta membatu proses penyelesaian masalah Palestina secara adil dan demokratis,” kata Kedubes Iran.***


Iran Serukan Negaranegara Muslim Tolak Ajakan Normalisasi Hubungan Dengan Israel