Dilihat : 139 kali

ARAH BAIK – Simak amalan-amalan yang dianjurkan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan dimana akan turun malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar seing digambarkan oleh umat Islam sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Agar tidak kehilangan momen dan keistimewaan malam Lailatul Qadar dianjurkan untuk mengamalkan dan doa berikut ini :

1. Memperbanyak Ibadah

Dari Aisyah RA, ia berkata:

“Rasulullah SAW biasa ketika ketika memasuki sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, beliau kencangkan sarungnya (bersungguh-sungguh dalam ibadah dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Melaksanakan Shalat Subuh Berjamaah

Dinukil dari Imam Asy-Syafi’I dalam Al-Umm dari sekelompok ulama Madinah dan dinukil pula sampai pada Ibnu ‘Abbas RA disebutkan:

“Menghidupkan malam Lailatul Qadar itu bisa dengan melaksanakan shalat Isya’ berjamaah dan bertekad untuk melaksanakan shalat Subuh secara berjamaah.”

Imam Malik dalam Al-Muwatha’ juga mengatakan bahwa Ibnul Musyyib menyatakan:

“Siapa yang menghadiri shalat berjamaah pada malam Lailatul Qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam Lailatul Qadar tersebut.”

3. Shalat Malam (Qiyamul Lail)

Hadis dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhamaad SAW, beliau bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari)

4. Memperbanyak Doa

Aisyah RA pernah berkata, Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW:

“Jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?,” Jawab Rasulullah SAW, “Berdoalah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU’ANNI (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf  -menghapus kesalahan-, karenanya maafkanlah aku –hapuslah dosa-dosaku-).” HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dengan melakukan amalan-amalan tersebut pada malam Lailatul Qadar, semoga menjadi pegingat diri ahar lebih kusyu dan bersemangat dalam beribadah di bulan Ramadhan dan bulan-bulan selanjutnya.***


Amalanamalan Yang Dianjurkan Pada Malam Lailatul Qadar