Dilihat : 48 kali

ARAH BAIK – Meta menyebut platform perpesanannya banyak celah keamanan yang membuat pihaknya memberikan update.

Meta memberikan update berupa lapisan keamanan pada WhatsApp Web yang disebut kode verifikasi.

Update terbaru pada WhatsApp Web ini memberikan penggunanya kode verifikasi sebelum menggunakan platform tersebut.

“Ada banyak faktor yang dapat melemahkan keamanan browser web yang tidak ada di aplikasi seluler, seperti ekstensi browser. Seiring pertumbuhan pengguna WhatsApp Web, kami juga ingin memperkuat perlindungan keamanan kami,” kata Meta, dilansir dari Business Standard Jumat, 11 Maret 2022.

Kode verifikasi ini mirip fitur autentifikasi dua faktor yang ada di aplikasi Instagram.

Sebelum pengguna masuk ke WhatsApp Web akan diminta kode verifikasi yang masuk ke nomor ponsel yang didaftarkan.

Melalui update kode verifikasi in, WhatsApp akan semakin memperkuat keamanannya untuk pengguna browers web. Kode

Kode verifikasi  juga dapat memungkinkan pengguna utuk memverifikasi bahwa kode yang mereka sajikan di web sama dengan yang digunakan orang lain.

“Cara yang baik untuk memikirkan verifikasi kode adalah lampu lalu lintas untuk keamanan Web WhatsApp Anda. Jika kode cocok dan divalidasi, ikon veifikasi kode di browser Anda akan berubah menjadi hijau,” kata Meta.

Meta telah menjalin kemitraan dengan perusahaan keamanan siber Cloudflare untuk menyediakan verifikasi kode pihak ketiga yang independen dan transparan kepada pengguna WhatsApp Web di browser web FireFox, Edge dan Chrome.

“Setelah Anda menginstal ekstensi kode verifikasi itu akan secara otomatis disematkan ke browser FireFox atau Edge dan pengguna Chrome perlu menyematkannya untuk penggunaan yang optimal,” tambahnya.

Ketika menggunakan WhatsApp, ekstensi kode verifikasi secara otomatis membandingkan kode yang diterima browser dari WhatsApp Web, membuat sidik jari kode dan mencocokkannya dengan sidik jari WhatsApp Web yang dibagikan dengan Cloud Flare.***


Whatsapp Web Banyak Celah Meta Beri Update Keamanan Berlapis