Dilihat : 142 kali

ARAH BAIK – Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada Jumat, 22 April 2022, Google menyampaikan sebuah pesan dalam bentuk doodle.

Google menampilkan doodle yang menunjukkan kondisi lapisan es di Bumi dari masa ke masa.

Google doodle tersebut tampak bahwa Bumi kehilangan sebagian besar lapisan esnya akibat krisis iklim yang semakin memburuk tiap tahunnya.

Ada empat lokasi yang ditampilkan dalam Google Doodle yaitu Gunung Kilimanjaro Tanzania, Afrika, Semersooq Greenland, Grea Barrier Reef Australia, dan Harz Forest Elend Jerman.

Keempat lokasi dalam kurun waktu 30 tahun terakhir mengalami perubahan signifikan dengan lapisan es yang semakin sedikit.

Google berusaha mengingatkan kepada masyarakat dunia akan bahaya nyata dari krisis iklim.

Salah satunya adalah permukaan air laut dunia meningkat yang dapat menenggelamkan daerah pesisir pantai dan pulau-pulau kecil.

Admnistrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) Amerika Serikat memprediksi permukaan laut naik 0,3 m pada awal abad berikutnya. Bahkan di tahun 2011 akan naik hingga 40-63 cm.

Akibat kenaikan ini, beberapa negara dengan kondisi geografis rendah di Bumi seperti Maladewa, Kiribati dan lainnya dikatakan akan kehilangan mayoritas daerahnya akibat kenaikan air laut.

Sementara ibukota Indonesia Jakarta diklaim sebagai kota paling cepat tenggelam di seluruh dunia dengan kecepatan 5-10 cm per tahun sebab adanya pengambilan air tanah berlebihan.

Selain kenaikan air laut, beberapa spesies di beberapa tempat di Bumi akan berkurang.

Seperti spesies lebah yang memiliki peran aktif terhadap penyerbukan tumbuhan akan terancam berkurang karena krisis iklim.

Dilansir dari Open Access Government, tak hanya lebah, sepertiga spesies dari serangga lainnya diperkirakan punah pada akhir abad ini.

Hal tersebut akan menjadi masalah bagi ekosistem karena 75 persen dari 115 tanaman di Bumi memerlukan serangga dalam proses penyerbukan.

Jika spesies serangga di Bumi terus berkurang, maka masa depan umat manusia bisa saja dalam masalah besar.***


Pesan Google Doodle 22 April 2022 Bumi Dalam Kondisi Kritis Akibat Krisis Iklim