Dilihat : 134 kali

ARAH BAIK - Mudik merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia saat menjelang hari Raya Idul fitri.

Mereka melakukan perjalanan mudik dengan tujuan untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu keluarga.

Perjalanan mudik paling efektif dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil.

Hal ini karena Anda bisa menetukan kapan ingin memulai perjalanan dan kapan ingin beristirahat selama perjalanan.

Adapun tips agar perjalanan dengan mobil menyenangkan, berikut tips nya :

1. Lakukan Vaksinasi

Sebelum pergi mudik, pastikan sudah memenuhi anjuran pemerintah untuk melakukan vaksinasi dosis lengkap (ditambah booster jika memungkinkan).

Sebab, vaksinasi akan membantu tubuh Anda lebih tahan terhadap serangan virus sehingga membuat Anda lebih tenang selama masa perjalanan.

Sebaiknya, anda jangan menunda vaksinasi hingga waktu mepet mudik karena antibodi dari vaksinasi baru akan terbentuk 1-2 minggu setelah vaksinasi. Dengan melakukan vaksinasi sejak jauh-jauh hari, efek dari KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), seperti lemas atau demam tidak akan Anda rasakan di saat mudik nanti. Tentunya, Anda tidak mau rencana mudik Anda terganggu karena sakit akibat efek KIPI.

Selain Vaksinasi, mudik di masa pandemi juga harus disertai dengan persiapan ekstra. Misalnya, membawa perlengkapan protokol kesehatan untuk perjalanan, seperti hand sanitizer, tisu antiseptik, semprotan disinfektan, obat-obtan, masker tambahan, dan lain sebainya.

2. Rencanakan Rute yang Akan Dilewati

Merencanakan rute yang akan dilewati membuat perjalanan mudik akan lebih efektif. Misalnya, memilih jalan tol yang praktis dan bebas hambatan, jalan arteri, atau jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

Tentukan juga Anda akan beristirahat di beberapa rest area untuk beristirahat sejenak dalam perjalanan.

3. Istirahat yang Cukup

Perjalanan mudik yang dilakukan di bulan Ramadhan menjelang Hari Raya kan menjadi tantangan sendiri. Mengingat dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa.

Agar tubuh tidak terlalu lelah saat menempuh perjalanan jauh, ada baiknya Anda beristirahat yang cukup terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Dengan kondisi tubuh yang sehat, bugar, dan cukup istirahat, perjalanan pun kan semakin menyenangkan.

4. Periksa Kesiapan Mobil yang Digunakan

Memastikan kondisi dan kesiapan mobil untuk mudik adalah hal yang sangat penting. Terlebih jika Anda sudah lama tidak membawa mobil dalam perjalanan jauh.

Kondisi yang perlu dipriksa meliputi komponen utama mobil, seperti baterai aki, mesin, ban, rem, lampu, hingga tangki bahan bakar.

Itulah beberapa tips agar mudik Anda mengasikkan dan aman sampai kampung halaman dengan selamat.***


Tips Mudik Mengasikkan Dan Aman Pakai Mobil Pribadi